Pardosi, Kristina Meilati (2021) Faktor Penyebab Perilaku Agresif Pada Peserta Didik di SMPN 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (905kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sebagian peserta didik yang memperlihatkan perilaku yang menyimpang. Peserta didik tersebut suka membolos sekolah, membolos jam pelajaran, berkata kotor, menghina teman, menghina guru, menjelek-jelekkan teman, membully, bahkan tawuran bersama teman-temannya. Fenomena tersebut diperoleh berdasarkan wawancara langsung dengan guru BK di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat faktor penyebab perilaku agresif di SMPN 4 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan populasi seluruh siswa kelas VII dan VIII di SMPN 4 Kota Jambi. Jumlah sampel sebanyak 262 responden, penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan model skala likert dengan alternatif lima pilihan jawaban. Kemudian penelitian ini mengolah data menggunakan rumus persentase formula C dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran persentase. Hasil penelitian menunjukkan 42,1% peserta didik di SMPN 4 Kota Jambi secara keseluruhan faktor penyebab perilaku agresif berada pada tingkatan tinggi. Jika dilihat perindikator deskripsi data, faktor keluarga memiliki bobot sebesar 13844 dengan persentase 44%, faktor teman sebaya memiliki bobot sebesar 5500 dengan persentase 46,6%, faktor sekolah memiliki bobot sebesar 4718 dengan persentase 36 % dan faktor lingkungan memiliki bobot sebesar 2046 dengan persentase 37,5 %. Hasil di atas menunjukkan masing-masing faktor mempunyai pengaruh yang besar sebagai penyebab perilaku agresif peserta didik. Atas dasar itu, makan peran guru BK sangat berguna dalam mengatasi perilaku agresif pada peserta didik agar tidak merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Kata kunci : Faktor Penyebab Agresif
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | KRISTINA MEILATI P |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 06:36 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |