fahirah, fahirah (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI MAS NURUSSA’ADAH TEBO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER, DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR DAN LAMPIRAN.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (218kB) |
Abstract
Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya nilai akuntansi siswa kelas XI MAS Nurussa‟adah Tebo, hal ini dipengaruhi oleh rendahnya efikasi diri (self efficacy) yang dimiliki siswa dan kurang optimalnya pemanfaatan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah tersebut. Selanjutnya, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Mas Nurussa‟adah Tebo. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex-post facto. Teknik pengumpulan data berupa angket disebarkan kepada seluruh populasi, jumlah populasi dalam penelitian ini relatif kecil, yaitu sebanyak 59 orang siswa, teknik yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel dimana setiap anggota populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda. Seluruh data di olah menggunakan Software Microsf Exel 2010 dan Statistical Product And Service Solution (SPSS) release 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel efikasi diri (self efficacy) berpengaruh positif seacar parsial terhadap hasil belajar hal ini dibuktikan dengan diperoleh thitung > ttabel atau 2,665 > 2,0025. Variabel pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh positif secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 8,719 > 2,0025. efikasi diri (self efficacy) dan pemanfaatan fasilitas belajar secara simultan berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 42,868 > 3,2 dengan nilai persamaan regresi linear berganda Y = 33,442 + 0,187 X1 + 0,718 X2 + e. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa efikasi diri (self efficacy) dan pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil simpulan disarankan siswa dapat meninkatkan efikasi diri dan memanfaatkan fasilitas belajar dengan baik agar dapat meghasilkan hasil belajar yang baik dan bagus.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | fahirah |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 07:26 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 03:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |