Purba, Regina Theresya (2021) Pengaruh penggunaan model Learning Cycle 7E berbantuan Google Classroom dan Zoom Meet terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 8 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
LEMBAR-LEMBAR.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (574kB) |
![]() |
Text
BAB 1_compressed.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI 1_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 tidak hanya menuntut siswa memahami konsep materi tetapi juga mengaplikasikan sains dalam kehidupan sehari-hari atau disebut dengan kemampuan literasi sains. Model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa adalah model Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Learning Cycle 7E pada materi larutan penyangga dan pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa serta faktor-faktor pendukung dan pengahambat kemampuan literasi sains siswa dalam penggunaan model Learning Cycle 7E berbantuan Google Classroom dan Zoom Meet pada materi larutan penyangga di SMAN 8 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian The Non Equivalent Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes esai. Untuk melihat perbedaan kemampuan literasi sains siswa dilakukan uji t pada data hasil tes essai yang sebelumnya sudah di uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dengan taraf nyata α = 5% yang diperoleh pada data hasil tes esai yaitu thitung = 11.2277> ttabel = 1,6669.Adapun faktor-faktor pendukung dan pengahambat kemampuan literasi sains siswa dalam penggunaan model Learning Cycle 7E berbantuan Google Classroom dan Zoom Meet pada materi larutan penyangga di penelitian ini yaitu motivasi siswa, strategi pembelajaran yang tepat, ketersediaan waktu dan fasilitas. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Learning Cycle 7E Berbantun Google Classroomdan Zoom Meet terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 8 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | REGINA THERESYA BR PURBA |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 03:36 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 03:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |