Murnasafitri, Fuji (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI BERDASARKAN PROBLEM SOLVING APPROACH MATERI LISTRIK ARUS BOLAK-BALIK. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Fuji Murnasafitri_A1C317024_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
Cover_Fuji Murnasafitri_A1C317024.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
Persetujuan Pengesahan_Fuji Murnasafitri_A1C317024.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
Abstrak_Fuji Murnasafitri_A1C317024.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
Bab 1_Fuji Murnasafitri_A1C317024.pdf Download (752kB) |
![]() |
Text
Bab 5_Fuji Murnasafitri_A1C317024.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Fuji Murnasafitri_A1C317024.pdf Download (522kB) |
Abstract
ABSTRAK Murnasafitri, Fuji. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi Berdasarkan Problem Solving Approach Materi Listrik Arus Bolak-Balik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Nehru, S.Si., M.T (II) Febri Berthalita Pujaningsih, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Pemecahan Masalah, Listrik Arus Bolak-Balik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa. Dalam kemampuan pemecahan masalah, pendekatan yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah berperan sangat penting pada tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu expert (ahli) atau novice (pemula). Secara umum pendekatan yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah terdiri atas 4 buah yaitu pendekatan saintifik, pendekatan plug and chug (secara terstruktur dan tidak terstruktur), pendekatan berbasis memori, dan tidak digunakan pendekatan yang jelas. Penelitian mengenai pendekatan pemecahan masalah yang digunakan oleh siswa sangat penting dilakukan karena dengan diketahuinya pendekatan yang digunakan oleh siswa maka peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa dari pemecah masalah pemula (novice) menjadi pemecahn masalah ahli (expert) lebih mudah untuk dilakukan. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi dan pendekatan pemecahan masalah yang digunakan siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi sebanyak 92 orang yang telah mempelajari materi listrik arus bolak-balik. Penelitian ini merupakan penelitian campuran yang dilakukan dengan metode survei. Penelitian terdiri atas dua tahap yaitu tes dan wawancara. Instrumen tes yang diberikan yaitu berupa soal pemecahan masalah yang terdiri atas 5 buah soal essai dan wawancara dilakukan untuk mengonfirmasi jawaban tes siswa. Data dianalisis dengan mengkategorikan dalam empat kelas dan dibandingkan dengan nilai KKM yang disajikan dalam bentuk nilai dan persentase serta dikategorikan jenis pendekatan apa yang digunakan oleh siswa pada tiap nomor soal.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mempunyai kemampuan pemecahan masalah dengan kategori baik dimana terdapat 55 orang siswa (60%) yang mendapatkan nilai diatas KKM dan 37 (40%) orang siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan pendekatan plug and chug secara tidak terstruktur untuk mengerjakan soal yang diberikan. Persentase rata-rata jumlah siswa yang menggunakan pendekatan plug and chug secara tidak terstruktur yaitu 84,6%, pendekatan plug and chug secara terstruktur 7,8% dan pendekatan berbasis memori 4%. Dengan didapatkannya hasil ini menunjukkan bahwa masih diperlukannya perbaikan pembelajaran di kelas agar siswa menjadi pemecah masalah ahli. Perbaikan ini dapat dilakukan dengan penerapan metode dan teknik pembelajaran yang lebih tepat. Pembelajaran diharapkan bukan hanya berpusat pada guru namun juga siswa harus aktif dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fuji Murnasafitri |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 03:17 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |