Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Korelasinya Dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Larutan Penyangga diSMAN 11 Muaro Jambi

Aulia, Kurnia (2021) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Korelasinya Dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Larutan Penyangga diSMAN 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
A1C117068_SKRIPSI_KURNIA AULIA1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI_KURNIA AULIA.pdf

Download (980kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Pembimbing dan Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (965kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum 2013 yang menekankan pengembangan kompetensi keterampilan, dimana kemampuan literasi sains memandang pentingnya keterampilan berpikir dan bertindak. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara yang didapat dari guru kimia di SMAN 11 Muaro Jambi bahwa diantara beberapa siswa masih banyak yang belum memahami konsep sehingga proses untuk berpikir dan bertindak menjadi terhambat. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan siswa pada kemampuan literasi sains adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi larutan penyangga di SMAN 11 Muaro Jambi dan untuk mengetahui apakah terdapat korelasinya antara implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) kegiatan siswa pada aspek afektif dan psikomotor dengan kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 11 Muaro Jambi. Metode yang digunakan adalah metode mix method dengan jenis sekuensial eksplanatori. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen penilaian implementasi model pembelajaran project based learning (PjBL) oleh guru, instrumen penilaian kegiatan siswa pada aspek afektif dan psikomotor serta test essay untuk mengamati aspek kognitif siswa. Untuk melihat korelasi dilakukan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi. Korelasi implementasi model pembelajaran project based learning (PjBL) pada aspek afektif dengan kemampuan literasi sains siswa diperoleh nilai korelasinya yaitu rxy = 0,625 kategori kuat dengan koefesien determinasinya 39,06% kategori rendah. Sedangkan pada implementasi model pembelajaran project based learning (PjBL) pada aspek psikomotor dengan kemampuan literasi sains siswa diperoleh nilai korelasinya yaitu rxy = 0,606 kategori kuat dengan koefesien determinasinya 36,72% kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara implementasi model pembelajaran project based learning pada aspek afektif dan psikomotor dengan kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 11 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KURNIA AULIA
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:45
Last Modified: 26 Jul 2021 07:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24387

Actions (login required)

View Item View Item