Analisis Keterlibatan Siswa dalam Penerapan E-learning Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle dengan Tipe Group Investigation pada Materi Fungsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bungo

Sahrina Putri, Evi (2021) Analisis Keterlibatan Siswa dalam Penerapan E-learning Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle dengan Tipe Group Investigation pada Materi Fungsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bungo. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
00 COVER.pdf

Download (477kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
HALAMAN_PENGESAHAN_EVI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
SKRIPSI_EVI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Keterlibatan siswa adalah hal-hal yang menunjukkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran online meliputi login, course content view, quiz attempt, assignment submit, forum discussion, dan URL view. Pembelajaran menggunakan e-learning active-flipped classroom dengan tipe group investigation yang hadir sebagai inovasi model flipped dimana saat kegiatan in class, siswa harus aktif dan kolaboratif melaksanakan penyelidikan untuk menggali informasi secara mandiri. Dengan pembelajaran seperti ini siswa dapat menjadi lebih aktif untuk terlibat dalam seluruh kegiatan yang dilakukan. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterlibatan siswa dalam penerapan E-learning Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle dengan Tipe Group Investigation pada Materi Fungsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode gabungan yaitu gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bungo. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 35 orang dan X MIPA 3 yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterlibatan siswa, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa pada kelas X MIPA 1 yang paling tinggi adalah login dengan persentase sebesar 89%, diikuti keterlibatan dalam quiz attempt dan assignment submit sebesar 87%, course content view sebesar 65%, URL view sebesar 52% dan forum discussion sebesar 43%. Sedangkan keterlibatan siswa pada kelas X MIPA 3 yang paling tinggi adalah quiz attempt dengan persentase sebesar 89%, diikuti keterlibatan dalam login sebesar 88%, assignment submit sebesar 78%, course content view sebesar 61%, URL view sebesar 53%, dan forum discussion sebesar 41%. Keterlibatan siswa pada kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 terdapat kesamaan yakni keterlibatan siswa tinggi dalam hal login, quiz attempt, dan assignment submit. Kemudian keterlibatan siswa sedang dalam hal course content view dan URL view. Sementara keterlibatan siswa rendah dalam hal forum discussion.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Siswa, E-learning, Flipped Classroom, Group Investigation, Fungsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: EVI SAHRINA PUTRI
Date Deposited: 27 Jul 2021 03:24
Last Modified: 27 Jul 2021 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24411

Actions (login required)

View Item View Item