Lufita, Lufita (2021) Desain Media Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Adobe Flash Professional CS5.5 Pada Materi Lingkaran. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan Adobe Flash Professional CS5.5 pada materi lingkaran kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat mendukung proses pembelajaran di era revolusi 4.0. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Kota Jambi pada tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 8 Kota Jambi. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini terdiri dari angket validasi (ahli materi dan ahli media), angket praktikalitas (pendidik dan peserta didik), lembar observasi aktivitas belajar peserta didik, angket efektifivitas (peserta didik) dan tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria kualitas yaitu valid, praktis dan efektif. Kriteria valid diperoleh dari hasil angket validasi materi dengan persentase sebesar 94% (sangat valid) dan angket validasi media dengan persentase sebesar 92,5% (sangat valid). Kemudian kriteria kepraktisan diperoleh dari hasil angket praktikalitas oleh pendidik dengan persentase sebesar 94,6% (sangat praktis) dan angket praktikalitas oleh peserta didik dengan persentase sebesar 83,2% (sangat praktis). Kriteria keefektifan diperoleh dari hasil lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dengan rata-rata persentase sebesar 83,05% (sangat efektif), angket efektivitas oleh peserta didik dengan persentase sebesar 78,6% (efektif) dan tes hasil belajar peserta didik dengan persentase sebesar 80% (efektif). Dari hasil penelitian ini disarankan agar pendidik lebih menyelaraskan kegiatan pembelajaran dengan fasilitas yang dapat mendukung pemahaman peserta didik salah satunya dengan media pembelajaran yang menarik sesuai dengan perkembangan teknologi serta memvariasikan strategi pembelajaran yang tepat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), Adobe Flash Professional CS5.5, Lingkaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LUFITA |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 02:58 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 02:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |