Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep pada materi segitiga

Suryanti, Rita (2021) Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep pada materi segitiga. S1 thesis, UNJA.

[img] Text
cover-surat pernyataan.pdf

Download (381kB)
[img] Text
halaman pengesahan Rita.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak-daftr lampiran.pdf

Download (398kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (455kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (195kB)

Abstract

Suryanti, Rita. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Mengkonstruksi Konsep pada Materi Segitiga. Skripsi, Program studi Pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Nizlel Huda, M.Kes. (II) Drs. Jefri Marzal, M.Sc.,D.I.T. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis matematis, konstruksi konsep, Segitiga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya berpikir kritis matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep saat menyelesaikan soal segitiga. Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep pada materi segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Al Falah Jambi tahun pelajaran 2020/2021. Dari satu kelas sebagai calon subjek terbagi menjadi 3 kelompok berdasarkan prosedur pengerjaan di lembar jawaban.dari tiap kelompok diambil 1 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Instumen penelitian ini terdiri dari lembar tes yang menggunakan metode think aloud dan wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada ketiga siswa 2 belum memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritismatematis dalam mengkonstruksi konsep materi segitiga.untuk S3 sudah memuhi. Hanya beberapa indikator-indikator yang dapat dipenuhi oleh siswa berdasarkan lembar jawaban yang kemudian jawaban tersebut diperkuat dengan hasil think aloud dan wawancara. Dari ketiga siswa tersebut, siswa kurang terbiasa dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dan keinginan siswa untuk menyingkat penulisan jawaban serta kurang pemahaman yang kuat akan kompetensi dasar atau materi prasyarat yang diperlukan untuk menyelesaikan soal. Dari hasil penelitian ini disarankan hendaknya guru dapat memahami proses berpikir kritis siswanya. Karena dengan mengetahui hal tersebut, guru dapat menjadiikan informasi tersebut sebagai landasan untuk meningkatkan proses berpikir kritis siswa dan mengembangkan model pembelajaran baru dan instrument evaluasi pembelajaran sesuai dengan proses berpikir siswa.a siswa, hendaknya dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya, sehingga dalam mengkonstruksi konsep matematika dapat memperoleh maksud dan tujuan dari permasalahan yang diberikan dan dapat membiasakan diri untuk mengkonstruksi konsep dan berpikir kritis dengan mengerjakan soal dengan menggunakan konsep yang terdahulu dan yang didapatkan saat pembelajaran berlangsung.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SURYANTI
Date Deposited: 03 Aug 2021 07:29
Last Modified: 03 Aug 2021 07:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24470

Actions (login required)

View Item View Item