PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA BAHAN AJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI PADA MATAKULIAH EKONOMI MAKRO

HIDAYATA, KRISNA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA BAHAN AJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI PADA MATAKULIAH EKONOMI MAKRO. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
skripsi krisna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (944kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)

Abstract

Kata Kunci: penggunaan multimedia bahan ajar, lingkungan belajar, minat belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara: (1) Penggunaan multimedia bahan ajar terhadap minat belajar pada matakuliah ekonomi makro, (2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar pada matakuliah ekonomi makro, dan (3) Pengaruh multimedia bahan ajar dan lingkungan belajar terhadap minat belajar pada matakuliah ekonomi makro. Peneitian ini dilakukan di Universitas Jambi prodi pendidikan ekonomi. Penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 di kelas R-001 sebanyak 30 orang. Setelah angket di kembalikan, kemudian data dianalisis secara kuantitatif yaitu menggunakan analisi deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolioneritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi simultan (R2). Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif penggunaa multimedia bahan ajar terhadap minat belajar dilihat dari nilai thitug > ttael yaitu 2,462 > 1,70113. (2) Terdapat pengaruh yang positif lingkungan belajar terhadap minat belajar dilihat dari nilai thitug > ttael yaitu 5,375 > 1,70113, dan (3) Terdapat pengaruh secara simultan penggunaan multimedia bahan ajar terhadap minat belajar berdasarkan uji F yang ditunjukkan dengan nilai Fhitug > Ftael yaitu 22,814 > 3,34 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,628 yang berarti kontribusi penggunaan multimedia bahan ajar dan lingkungan belajar terhadap minat belajar sebesar 62,8% sedangkan sisanya 37,2% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia bahan ajar dan lingkungan belajar secara Bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat belajar mahasiswa Pendidikan ekonomi pada matakuliah ekonomi makro. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk dapat berkreatif dan inovatif terhadap pemilihan bahan ajar/media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan mengupayakan untuk meumbuhkan minat belajar mahasiswa melalui penggunaan media pembelajaran yang bervariasi agar proses pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan optimal

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: HIDAYATA
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:23
Last Modified: 27 Jul 2021 02:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24662

Actions (login required)

View Item View Item