Analisi Self Efficacy Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi pada Penelitian Pembelajaran secara Daring Materi Bangun Datar dan Ruang berbantuan Cabri

Prameswari, Clara Essa (2021) Analisi Self Efficacy Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi pada Penelitian Pembelajaran secara Daring Materi Bangun Datar dan Ruang berbantuan Cabri. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (436kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih terdapatnya mahasiswa pendidikan matematika di Universitas Jambi yang merasa tidak yakin dan kurang percaya diri akan kemampuannya untuk mengajar menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan self-efficacy mahasiswa pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi pada penelitian pembelajaran secara daring materi bangun datar dan ruang berbantuan cabri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini diambil dari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi angkatan 2017 dengan jumlah sebanyak 4 mahasiswa yang diseleksi berdasarkan kriteria dengan pertimbangan mahasiswa yang menjadi subjek melakukan penelitian mengajar pada SMP di Provinsi Jambi secara daring di semester genap 2020/2021 serta berbantuan cabri dalam pembelajarannya. Penelitian dilakukan di 3 sekolah, yakni SMPN 21 Kota Jambi, SMPN 22 Kota Jambi dan SMP Islam Al-falah Kota Jambi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, keempat subjek memenuhi keenam indikator self-efficacy yaitu keyakinan dalam menghadapi tugas mengajar matematika secara daring berbantuan cabri yang sulit; keyakinan dalam merencanakan tugas mengajar matematika secara daring berbantuan cabri; bertahan lebih lama saat mengalami kesulitan dalam mengajar matematika secara daring berbantuan cabri; keuletan dalam berusaha mengatasi tantangan ketika mengajar matematika secara daring berbantuan cabri; keyakinan dalam menghadapi berbagai situasi ketika mengajar matematika secara daring berbantuan cabri dan keyakinan untuk mengantisipasi situasi mengajar matematika secara daring berbantuan cabri yang belum pernah dilalui. Faktor yang mempengaruhi self-efficacy keempat subjek tersebut adalah pengalaman kesulitan subjek mengajar secara daring terdahulu dan pengalaman pada pertemuan sebelumnya dalam mengajar matematika secara daring berbantuan cabri, kemudian pengalaman dari guru lain dan teman sebaya yang mengajar matematika secara daring, saran dan penguatan dari orang lain, serta subjek yang tetap tenang, tekun, tidak mengeluh maupun berputus asa dan fokus melanjutkan tugas mengajarnya. Faktor lain juga ditemukan yaitu pengaruh kondisi lingkungan saat subjek mengajar ternyata memberikan dampak yang berbeda bagi subjek.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, Pembelajaran secara Daring, Matematika, Aplikasi Cabri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Prameswari
Date Deposited: 27 Jul 2021 07:47
Last Modified: 27 Jul 2021 07:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24746

Actions (login required)

View Item View Item