Pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Perkuliahan Online Di masa Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Belajar mahasiswa Pendidikan ekonomi 2019 pada mata kuliah kewirausahaan

Safitri, Finny Elvianita (2021) Pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Perkuliahan Online Di masa Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Belajar mahasiswa Pendidikan ekonomi 2019 pada mata kuliah kewirausahaan. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FINNY ELVIANITA RRA1A116022 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 1-dikonversi.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Finny Elvianita 2021. Pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Perkuliahan Online Di masa Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Belajar mahasiswa Pendidikan ekonomi 2019 pada mata kuliah kewirausahaan: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd, (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Fasilitas belajar Di rumah, Persepsi Mahasiswa, Kepuasan belajar Banyak faktor pendukung untuk tercapainya kepuasan dalam belajar salah satunya ialah fasilitas belajar yang memadai serta persepsi seseorang terhadap sesuatu fenomena yang sedang di alami untuk beradaptasi dengan fenomena tersebut. Di masa pandemi covid-19 saat ini mahasiswa di anjurkan untuk belajar di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus. Dan oleh karena itulah fasilitas belajar dirumah dan persepsi mahasiswa tentang perkuliahan online menjadi solusi untuk permasalah in Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara fasilitas belajar di rumah (X1) dan persepsi mahasiswa tentang perkuliahan online(X2) terhadap kepuasan belajar mahasiswa (Y). Fasilitas belajar ialah sarana dan prasarana yang bisa mendukung kelancaran proses belajar baik di rumah ataupun di sekolah. Dengan adanya fasilitas belajar yang mencukupi hingga kelancaran dalam belajar akan terwujud. Persepsi ialah proses akhir dari pengamatan yang dimulai oleh proses pengindraan, ialah proses diterimanya stimulus oleh alat indra, kemudian seorang menyadari tentang sesuatu. Kepuasan belajar bisa didefinisikan sebagai sesuatu keadaan perasaan puas sebab terpenuhinya harapan dari suatu kegiatan pembelajaran yang dirasakan oleh pelajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 94 mahasiswa dari program studi pendidikan ekonomi angkatan 2019 yang mengontrak mata kuliah kewirausahaan. Pengujian analisis menggunakan uji prasyarat analisis, uji asumsi regresi dan uji hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan fasilitas belajar di rumah terhadap kepuasan belajar mahasiswa (2) terdapat pengaruh signifikan persepsi mahasiswaa tentang perkuliahan online terhadap kepuasan belajar mahasiswa (3) terdapat pengaruh signifikan fasilitas belajar di rumah dan persepsi mahasiswaa tentang perkuliahan onlline terhadap kepuasan belajar mahasiswa. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 51,7%. Maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar di rumah dan persepsi mahasiswa tentang perkuliahan online berpengaruh terhadap kepuasan belajar mahasiswa pendidikan ekonomi 2019 yang mengontrak mata kuliah kewirausahaan. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada mahasiswa agar mempu beradaptasi serta mengikuti perubahan dan perkumbangan di dalam dunia pendidikan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: FINNY ELVIANITA SAFITRI
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:24
Last Modified: 28 Jul 2021 02:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24837

Actions (login required)

View Item View Item