NABABAN, PRISKA (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI PRISKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
COVER (5).pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN PRISKA.pdf Download (160kB) |
Abstract
Nababan, Priska, 2021. Pengembangan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test Pada Materi Teori Kinetik Gas Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa. Skripsi, Jurusan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Maison, M.Si., Ph.D, (II) Dra.Astalini, M.Si Kata Kunci : Pengembangan, Miskonsepsi, Four-Tier Diagnostic Test, Teori Kinetik Gas. Fisika merupakan cabang sains yang mempelajari tentang fenomena alam. Pengetahuan fisika terdiri dari banyak konsep dan prinsip yang pada umumnya sangat abstrak. Hal inilah yang membuat banyak siswa mengalami miskonsepsi. Untuk mengetahui siswa mengalami miskonsepsi atau tidak, diperlukan alat evaluasis supaya miskonsepsi siswa dapat diidentifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen four-tier diagnostic test untuk mengidenfitikasi miskonsepsi siswa pada materi teori kinetik gas. Model penelitian yang dilakukan yaitu research and development dimana dilakukan uji validitas dan realibilitas untuk mendapatkan instrumen yang valid dan reliabel. Subjek uji coba sebanyak 135 orang dari dua sekolah yaitu siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi dan siswa SMA Negeri 8 Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, dimana untuk teknik analisis data kualitatif yaitu dengan menggunakan lembar validasi ahli materi dan untuk teknik analisis data kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas oleh validator diperoleh nilai validitas sebesar 92% dengan kategori sangat baik dan uji reliabilitas menggunakan program IBM SPSS 25 dengan Cronbach’s Alpha diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,821 dengan kategori tinggi. Dengan ini dapat disimpulkan instrumen yang dikembangkan peneliti dengan jumlah 10 item soal valid dan reliabel dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | NABABAN |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 04:12 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 04:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |