ANALISIS PENGENALAN PEMAHAMAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI CERITA BERGAMBAR DI DI TK YAYASAN ALMIRA AISAH KOTA JAMBI

YULIANSYAH, ADI (2021) ANALISIS PENGENALAN PEMAHAMAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI CERITA BERGAMBAR DI DI TK YAYASAN ALMIRA AISAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Adi Yuliansyah. 2021. “Analisis pengenalan pemahaman bahasa anak usia 5-6 tahun melalui cerita bergambar di DI TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II Dr. K.A Rahman, S. Ag., M.Pd.I Kata Kunci: pemahaman bahasa anak usia 5-6 tahun, cerita bergambar Berdasarkan hasil observasi awal di TK. Darma Wanita Desa Simpang Sungai Duren, masih terdapat beberapa anak usia 4-5 tahun yang belum memiliki kemampuan memahami bahasa yang baik, seperti kurangnya perhatian anak pada guru saat kegiatan pembelajaran berlangsung, anak belum mampu mengungkapkan ide-ide dari cerita yang dibacakan guru, serta anak kurang merespon pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengenalan pemahaman bahasa anak usia 5-6 tahun melalui cerita bergambar di DI TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif, Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi kelas B1, B2, B3 dan A seluruhnya 54 anak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas A yang berjumlah 12 anak Berdasarkan hasil dan pemahaman bahasa anak usia 5-6 tahun melalui cerita bergambar di TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi pada indikator Menyimak perkataan orang lain berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 93%. Analisis pemahaman bahasa anak usia 5-6 tahun melalui cerita bergambar di TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi pada indikator Mengerti dua perintah yang di berikan bersamaan berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 92%. Analisis pemahaman bahasa anak usia 5-6 tahun melalui cerita bergambar di TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi pada indikator Memahami cerita yang dibacakan berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 93%. Analisis pemahaman bahasa anak usia 5-6 tahun melalui cerita bergambar di TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi pada indikator Mengenal pembendaharaan kata, mengenal kata sifat (nakal), pelit, baik hati, berani, baik jelek, dsb berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 86%. Analisis pemahaman bahasa anak usia 5-6 tahun melalui cerita bergambar di TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi pada indikator Mendengar dan membedakan bunyi bunyian dalam Bahasa Indonesia (bunyi dan ucapan harus sama) berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 88%. Kesimpulan penelitian ini yaitu pemahaman bahasa anak usia TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi tahun melalui cerita bergambar di T TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi secara umum berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 90%.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II Dr. K.A Rahman, S. Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: pemahaman bahasa anak usia 5-6 tahun, cerita bergambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ADI YULIANSYAH
Date Deposited: 30 Jul 2021 02:31
Last Modified: 30 Jul 2021 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25217

Actions (login required)

View Item View Item