PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Safitri, Rina and Harizon, Harizon and Haryanto, Haryanto (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Cover saja.pdf

Download (72kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (223kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (245kB)
[img] Text
3. Abstrak Tesis.pdf

Download (78kB)
[img] Text
3.3 daptar isi, gambar, tabel.pdf

Download (26kB)
[img] Text
4. BAB I 19-02-2021.pdf

Download (170kB)
[img] Text
8. BAB V - Copy.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan bahan ajar bersifat multimedia interaktif yang mana sangat relevan dengan kebutuhan belajar masa kini. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan pendekatan STEM yang dimaksudkan agar siswa mampu mengembangkan pengetahuan konsep dan pengetahuan prosedural yang lebih bermakna. Tujuan dari pengembangan ini ialah untuk mengetahui prosedur, desain, penilaian guru dan respons siswa dalam meningkatkan keterampilan literasi sains siswa. Pengembangan LKPD elektronik Laju Reaksi berpendekatan STEM menggunakan model Problem Based Learning pada materi Laju Reaksi di MAN 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model Lee & Owen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, angket terbuka dan tertutup. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan materi dilanjutkan dengan penilaian kesepakatan anatara 2 orang guru, ujicoba satu-satu, dan ujicoba kelompok kecil. Produk hasil pengembangan e-lkpd berbasis PBL-STEM divalidasi oleh 3 orang ahli. Hasil perolehan skor dari validasi oleh ahli materi meningkat dari validasi pertama 53 menjadi 56 dengan kategori sangat baik. Pada validasi ahli media dilakukan dengan 2 ahli media dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih akurat mengenai media yang akan digunakan. Hasil perolehan skor oleh validator 1 menunjukkan persentase skor pada pertemuan pertama sebesar 63 dan naik pada pertemuan kedua sebesar 81, dan perolehan skor oleh validator 2 pada pertemuan pertama sebesar 70 dan naik pada pertemuan kedua sebesar 79. Perolehan skor ini terkategori “sangat baik”. Produk juga dinilai oleh guru dan didapatkan hasil perolehan skor sebesar 143 oleh guru 1 dan 141 oleh guru 2. Hasil ujicoba satu-satu dilakukan dengan angket terbuka sehingga data direduksi dan didapatkan bahwa e-LKPD yang diberikan kepada pengguna terkategori “Baik”. Hasil ujicoba kelompok kecil dengan menggunakan 2 kelompok didapatkan hasi uji agreement interclass correlation coefficient adalah sebesar 0,573 dengan kategori “cukup”.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Safitri
Date Deposited: 02 Aug 2021 01:38
Last Modified: 02 Aug 2021 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25283

Actions (login required)

View Item View Item