Akbar, M. Taufik and Sabil, Husni and Junita, Ranisa (2021) Desain Modul Matematika Bilingual [Indonesia-Inggris] Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi Limit Fungsi Aljabar Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (Halaman Judul)
1. Halaman Sampul dan Judul.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text (Halaman Pengesahan)
3. Halaman Pengesahan.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
6. ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text (BAB I)
9. BAB I.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text (BAB V)
13. BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text (Daftar Rujukan)
14. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text (Skripsi Lengkap)
Skripsi _M.Taufik Akbar_A1C216022.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar modul bilingual [Indonesia-Inggris] berbasis contextual teaching learning (CTL) pada materi limit fungsi aljabar kelas XI SMA dan mendeskripsikan kualitas modul yang didesain berdasarkan kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Batang Hari pada 22 Februari 2021 sampai dengan 27 Februari 2021. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bidang studi matematika SMA Negeri 8 Batang Hari sebagai subjek uji coba perorangan dan peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Batang Hari sebagai subjek uji coba kelompok kecil sebanyak 9 orang peserta didik dengan kriteria rendah, sedang, dan tinggi. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli instrumen, desain, materi, dan praktisi (uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar modul yang didesain mengalami beberapa kali revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator desain, materi, uji coba perorangan (pendidik), dan uji coba kelompok kecil (peserta didik). Modul matematika bilingual ini memenuhi kriteria kevalidan dengan persentase 82,6% yaitu “sangat valid” dan kriteria kepraktisan dengan persentase 92,8% yaitu “sangat praktis”. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat mendesain dan mengembangkan bahan ajar yang lebih inovatif dan menarik. Disamping itu guru dapat menerapkan pembelajaran yang bervariasi yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing peserta didik dengan menggunakan bahan ajar yang berbentuk bilingual. Peserta didik juga harus dilatih untuk belajar secara mandiri dan dapat menggunakan bahan ajar yang berbentuk bilingual.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul, bilingual, contextual teaching learning, limit fungsi aljabar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Akbar |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 01:58 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 01:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |