Nisyah, Yulinarti Choinirul (2021) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD) dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Materi Larutan Penyangga. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI PENUH .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Memasuki kehidupan abad 21 kompetensi yang harus dimiliki adalah kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis adalah proses berpikir secara sistematis, logis dan objektif. Pada akhir 2019 dunia terdampak wabah virus Covid19, untuk memutus rantai penuluran maka proses pembelajaran dilakukan secara daring. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis selama dalam pembelajaran daring yaitu model pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD) secara daring dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method (campuran) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD) secara daring oleh guru dan siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment dan selanjutnya untuk melihat seberapa kuat korelasinya dilakukan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa penerapan model Student Teams Achievement Devisions (STAD) secara daring oleh siswa rata-rata pada tiap pertemuan berurutan sebagai berikut: 35,81 ±5,55; 45,23 ±5,32; 59,96 ±7,5. Hal ini sejalan positif dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang juga meningkat setiap pertemuan dibuktikan dengan nilai rata-rata tiap pertemuan berurutan sebagai berikut: 29,55 ±6,09; 40,17 ±5,32; 53,42 ±11,59. Hubungan pelaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD) secara daring drngan kemampuan berpikir kritis diperoleh rxy = 0,61 dengan tingkat hubungan kuat. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 37% dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD) secara daring dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Student Teams Achievement Devisions (STAD), Secara Daring, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Nisyah |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 06:38 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |