PENERAPAN TEKNIK HOMEWORK UNTUK MENGATASI GANGGUAN TIDUR SISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Bayu, Riyanto (2021) PENERAPAN TEKNIK HOMEWORK UNTUK MENGATASI GANGGUAN TIDUR SISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (564kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (714kB)
[img] Text
COVER. ABSTRAK. DAFTAR ISI.pdf

Download (763kB)

Abstract

Gangguan tidur yang dialami siswa disekolah disebabkan oleh terlalu banyak bermain handphone dan tidur siang terlalu lama sehingga mengganggu kesehatan seperti lemas, mengantuk pada siang hari dan mengganggu kemampuan otak untuk menyimpan informasi. Sesuai permasalahan tersebut, peneliti akan memperbaiki dan menerapkan teknik homework untuk mengatasi gangguan tidur siswa yang pernah dilakukan peneliti sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki penerapkan teknik homework untuk mengatasi gangguan tidur siswa dalam layanan bimbingan kelompok. Sehingga dapat ditemukan cara maupun layanan yang paling efektif dan efesien untuk mengatasi gangguan tidur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Layanan (PTL), dengan penerapan teknik homework. Objek penelitian ini adalah efektifitas penerapan teknik homework dalam layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi gangguan tidur siswa sedangkan subjek dalam penelitian ini ialah siswa – siswi yang mengalami gangguan tidur sebanyak 7 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian segera (LAISEG) dan observasi, teknik analisis data yang dipakai yaitu dengan menggunakan model berfikir linier. Penelitian yang dilakukan sebanyak 3 siklus ini masing – masing anggota kelompok mengatakan bahwa telah ada perubahan yang terjadi pada kondisi tidur mereka dan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan penerapan teknik homework sangat membantu dalam mengentaskan permasalahan gangguan tidur yang dialami. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peneliti telah dapat memperbaiki atau mendapatkan cara yang paling efektif dalam memperbaiki penerapan tahapan teknik homework yang dilakukan peneliti sebelumnya, memberikan informasi – informasi yang rasional dan filosofis kepada anggota kelompok sehingga anggota kelompok dapat menerimanya dengan baik. Kata Kunci : Teknik Homework, Bimbingan Kelompok, Gangguan Tidur

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: RIYANTO
Date Deposited: 19 Aug 2021 03:09
Last Modified: 19 Aug 2021 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25510

Actions (login required)

View Item View Item