Sumarno, Ari (2021) Implementasi Nilai-nilai Karakter KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur)Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMAN 11 Muaro Jambi. S1 thesis, pendidikan sejarah.
![]() |
Text
Skripsi Arisumarno ful tex.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
cover upload.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
persetujuan dan pengesahan upload.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
abstrak upload.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
bab 1 upload.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
bab 5 upload.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
dapus upload.pdf Download (389kB) |
Abstract
SUMARNO, ARI. 2021. Implementasi Nilai-nilai Karakter KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Skripsi. Prodi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengatahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. KATA KUNCI: Implementasi, Nilai-nilai Karakter KH. Abdurrhaman Wahid ( Gus Dur ), Pembelajaran Sejarah. Dewasa ini semakin banyaknya akhlak dan prilaku siswa yang tidak mencerminkan sebagai seorang siswa sehinga hal ini diperlukan penanaman nilai karakter kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui: (1) nilai karakter Gus Dur, ( 2) implementasi nilai karakter KH.Abdurrahman Wahid dalam pembelajarnsejarah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif naratif, sumber data dalam penelitian ini diambil dari data wawancara, observasi, dokumentasi dan angket yang selanjutnya diolah oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya Implementasi Nilai Karakter KH.Abdurrahaman Wahid bisa diterapkan dengan cara memasukan nilai-nilai karakter Gus Dur melalui perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang selanjutnya diaplikasikan kedalam kegiatan pembelajaran, guru menceritakan terkait nilai karakter yang terdapat pada tokoh kemudia mencontohkanya secara sederhana yang selanjutnya bisa diterapkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-harinya, hambatan dalam pelaksanaanya yaitu masih kurangnya sumber belajar siswa, buku pegangan guru danbuku bacaan siswa terkait biografi tokoh selain itu siswa juga kurang bersemangat dalam pembelajaran. Solusi yang bisa dilakukan ialah menambah buku bacaan siswa terutama terkait buku KH.Abdurrahman Wahid, siswa bisa mencari sumber referensi bacaan diperpustakaan daerah jambi dan juga bisa mengakses internet, selanjutnya guru juga bisa mengembangkan metode yang dipakai agar pembelajaran sejarah semakin menarik dan menambah semangat siswa dalam belajar sejarah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | SUMARNO |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 03:55 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 03:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |