Analisis Soal Latihan dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017 Berdasarkan Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Nurfarida, Dewi (2021) Analisis Soal Latihan dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017 Berdasarkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan, Motto dan Persembahan, dan Surat Pernyataan.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Skripsi Dewi Nurfarida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kategori kognitif Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada soal latihan yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif noninteraktif. Penelitian kualitatif noninteraktif disebut juga penelitian analitis, dimana pengkajiannya berdasarkan analisis dokumen. Data penelitian ini diambil dari soal-soal latihan tipe HOTS yang terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII terbitan Kemendikbud edisi revisi tahun 2017. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 176 soal latihan dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang tersebar dalam 9 BAB topik pelajaran merupakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Soal latihan tersebut memiliki karakteristik soal yang sama dan termasuk dalam kategori kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta). Soal-soal tersebut termasuk dalam ranah KKO (Kata Kerja Operasional) level 3 (penalaran). Adapun saran yang dapat dikemukakan dari penelitian ini adalah untuk penulis buku teks disarankan dapat melakukan upaya peningkatan terhadap karakteristik soal HOTS C4, C5, dan C6 berdasarkan KD dan untuk peneliti lain disarankan dapat meneliti aspek lainnya dari HOTS.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: FARIDA
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:51
Last Modified: 20 Sep 2021 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26002

Actions (login required)

View Item View Item