Silaban, Tiurma Refina Lestari (2021) Pengembangan E-Modul Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI TIURMA REFINA LESTARI SILABAN.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40kB) |
Abstract
Mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang memiliki karakteristik materi yang bersifat abstrak yang didalmnya terdapat konsep, prinsip, hokum, dan teori kimia serta keterkaitanya dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu materi kimia yang cukup sulit dipahami oleh para siswa adalah materi ikatan kimia. Materi ikatan kimia merupakan salah satu materi dasar dalam ilmu kimia yang terdiri dari konsep-konsep yang abstrak. Konsep yang abstrak umumnya sulit untuk dipahami siswa, sehingga keterampilan berpikir kritis siswa juga harus dilatih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan modul elektronik pada materi ikatan kimia untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan untuk mengetahui kelayakan e-modul pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan dalam kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah modul elektronik pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 5 Kota Jambi yang telah divalidasi oleh tim ahli yaitu ahli materi memperoleh penilaian 69 dengan rata-rata 4,3 berada dalam interval >67,2–80 masuk kategori “Sangat Layak” dan penilaian ahli media dengan total skor 67 dengan rata-rata 4,46 berada dalam interval >63-75 masuk kedalam kategori “sangat layak”. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penialian guru yang berisikan bahwa modul elektronik yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan kepada siswa dengan skor penilaian 72 dengan rata-rata 4,5 berada dalam interval >67,2–80 masuk kedalam kategori “sangat layak”. Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase 93,06% dengan kateogri “Sangat Layak”. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e¬-modul pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ini layak diujicobakan secara teoritis dan praktis sebagai salah satu bahan ajar pada materi ikatan kimia
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SILABAN |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 07:42 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 07:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |