PENGEMBANGAN BOOKLET LIMBAH PLASTIK SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI UNTUK SISWA SMA KELAS X KOTA JAMBI

Juardi, Rizky (2021) PENGEMBANGAN BOOKLET LIMBAH PLASTIK SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI UNTUK SISWA SMA KELAS X KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Media Pembelajaran Booklet (Rizky Juardi Hsb) Revisi Sudah SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (355kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Juardi, Rizky. 2021. Pengembangan booklet limbah plastik sebagai bahan ajar biologi untuk siswa SMA kelas X Kota jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, pembimbing (1) Prof. Dr. Drs. Aprizal Lukman, M.Pd., (2) Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.PdI. Kata Kunci : Booklet, Limbah Plastik, Media Pembelajaran Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa booklet limbah plastik di SMA. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan model 4-D. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Kota Jambi pada 15 Maret 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket (kuisioner) pada siswa (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru bidang studi Biologi (sebagai data penunjang). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Penelitian ini pengembangan atau dalam bahasa inggris disebut dengan Research and Development adalah untuk menghasilkan produk tertentu. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan 4-D. Penelitian melalui beberapa tahap yaitu 1. Pendefinisian 2. Merancang produk 3. Mengembangkan dan 4. Menyebarluaskan .Pengembangan booklet limbah plastik menjadi media pembelajaran melalui proses validasi dari ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak 3 kali dengan memperoleh persentase akhir 86% yaitu “sangat baik”. Selanjutnya penilaian ahli media mendapatkan persentase akhir 88% dengan kategori yaitu “sangat baik”. Hasil guru bidang studi biologi di SMAN 4 Kota Jambi yaitu 100% dengan kategori “sangat baik”. Selanjutnya presepsi siswa terhadap booklet limbah plastik menjadi media pembelajaran pada materi daur ulang limbah secara umum sudah baik. persentase rata-rata ujicoba kelompok besar yaitu 82,2% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian, booklet limbah plastik menjadi media pembelajaran dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi daur ulang limbah. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih memperbanyak referensi dalam pembelajaran di kelas. Di samping itu, guru seabagai pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran mestinya meningkatkan kemampuan mengajar, penggunaan media, dan memvariasikan strategi yang tepat. Siswa juga harus dilatih memanfaatkan barang yang ada di sekitar lingkungan menjadi barang yang berguna.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Booklet, Limbah Plastik, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HSB
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:51
Last Modified: 20 Sep 2021 01:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26065

Actions (login required)

View Item View Item