Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 10 Kota Jambi

Depika, Sely Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 10 Kota Jambi. JURNAL Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 10 Kota Jambi.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 10 Kota Jambi Nama : Sely Depika NIM : A1E113005 Pembimbing 1 : Drs. H. Rasimin, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Suparjo Herlambang, M.Pd Layanan Bimbingan kelompok merupakan proses bantuan atau pertolongan yang diberikan pembimbing (konselor) kepada siswa secara berkelompok. Dengan adanya layanan bimbingan kelompok yang efektif mulai dari perencanaan kegiatan yang matang, maka pelaksanaan layanan akan berjalan dengan baik sehingga dinamika kelompok yang diharapkan berjalan dengan dinamis, yang tidak kalah pentingnya dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok adalah evaluasi untuk melihat sejauh mana keberhasilan pelaksanaan layanan dilakukan, kemudian dilakukan tindak lanjut layanan agar proses bimbingan kelompok bisa dioptimalkan di pertemuan selanjutnya. Jika perencanaan sampai tindak lanjut berjalan dengan baik maka persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok adalah baik. Persepsi itu sendiri adalah proses pemberian arti terhadap stimulus yang ditangkap melalui panca indera berdasakan pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Populasi penelitian ini adalah 190 siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi. Sampelnya berjumlah 60 siswa dengan kriteria minimal dua kali mengikuti layanan bimbingan kelompok. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling karena sampel yang digunakan adalah yang telah mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah mengedarkan angket. Berdasarkan hasil yang didapat secara keseluruhan persentasenya adalah 83,26% dengan kualitas “baik”. Hal ini sesuai dengan hasil sebaran angket yang terdiri dari persepsi siswa mengenai perencanaan layanan dengan persentase bobot 83,3% yang berkualitas baik, hasil dari persepsi siswa mengenai pelaksanaan layanan persentasenya adalah 77% berkualitas baik, kemudian persepsi siswa mengenai evaluasi layanan hasilnya adalah 92,3% dengan kualitas sangat baik, dan persepsi siswa mengenai tindak lanjut layanan adalah 88,9% berada pada kualitas sangat baik. Penelitian ini membuktikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMA Negeri 10 Kota Jambi berkualitas baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sely Depika
Date Deposited: 04 Jan 2018 06:34
Last Modified: 04 Jan 2018 06:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item