Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Google Earth pada Materi Perbandingan dan Skala Kelas VII SMP

Butar Butar, Doly Satria (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Google Earth pada Materi Perbandingan dan Skala Kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Butar-Butar, Doly Satria. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Google Earth Pada Materi Perbandingan dan Skala Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Jefri Marzal, M. Sc (II) Khairul Anwar S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Google Earth, Perbandingan dan Skala. Pada pembelajaran matematika siswa mengalami kesulitan dalam memami permasalahan yang disajikan. Salah satu penyebabnya adalah kebosanan terhadap bahan ajar yang monoton, sehingga siswa kurang tertarik dalam mengkaji bahan ajar. Siswa kurang memahami alur riil dari materi yang diajarkan. Mungkin, siswa mampu menyelesaikan soal tetapi mayoritas pemahaman siswa masih bersifat abstrak. Akibatnya apabila tipe soal berbeda maka siswa kesulitan dalam mengerjakannya. Dengan demikian, permasalahan pembelajaran perlu disajikan secara menarik dan baru di mata murid. Seiring dengan revolusi 4.0, siswa juga dituntut untuk memanfaatkan teknologi yang ada di era digital ini dengan baik khususnya dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran matematika menjadi alternatif belajar, aplikasi google earth dikaitkan pada materi skala dengan lembar kerja perserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat persepsi guru dan siswa terhadap lembar kerja peserta didik berbantuan google earth pada materi perbandingan dan skala kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan ADDIE yakni analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), dan implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Penelitian melibatkan pengembangan lembar kerja peserta didik, validasi, uji coba produk, pengisian angket guru dan siswa mengenai perfoma bahan aja ini. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli desain. Penelitian dilakukan pada kelas VII SMP Nommensen Jambi. Hasil pengembangan lembar kerja peserta didik dilihat dari persentase validasi desain adalah sebesar 85,7% dan persentase validasi materi sebesar 94,3% dengan hasil penilaian kategori masing-masing “sangat valid”. Pada aspek kepraktisan di nilai dari hasil penilaian angket guru dan siswa. Persentase penilaian dari angket guru adalah sebesar 86,2%. Sedangkan penilaian angket siswa diambil sebanyak 15 responden (siswa) dengan persentase penilaian sebesar 83,1%. Berdasarkan hasil persentase penilaian angket guru dan siswa, maka LKPD berbantuan Google Earth tersebut dapat dikatakan praktis. Ini artinya lembar kerja peserta didik berbantuan google earth yang dibuat telah sesuai dengan tujuan penggunaan bahan ajar, sehingga bisa digunakan oleh guru matematika dan siswa SMP dalam pembelajaran perbandingan dan skala.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: B
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:47
Last Modified: 27 Sep 2021 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26624

Actions (login required)

View Item View Item