Khoiriah, Siti (2021) PENGEMBANGAN KOMIK WEBTOON SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA UNTUK SISWA SMA KELAS XI MIA. S1 thesis, PENDIDIKAN BIOLOGI.
![]() |
Text
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan dan persetujuan 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (154kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui respon pengguna komik Webtoon sebagai suplemen pembelajaran materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa SMA kelas XI MIA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE Penelitian ini dilakukan di SMAN 13 Kota Jambi pada 17 September 2021. Data penelitian diperoleh dari angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan sebelum diujicobakan. Selanjutnya data untuk respon pengguna diperoleh dari angket yang disebarakan kepada kelompok kecil dengan jumlah 6 orang siswa, kelompok besar dengan jumlah 30 orang siswa dan 1 guru mata pelajaran biologi kelas XI melalui google formulir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan. Hal ini diketahui dari persentase proses validasi media dan materi yang dilakukan masing-masing sebanyak dua kali dan mengalami peningkatan. Persentase hasil validasi media tahap I, yaitu 78,75% dalam kategori “sangat baik” dan hasil validasi materi tahap I adalah 38% dalam kategori “tidak baik”, kemudian mengalami peningkatan pada tahap validasi selanjutnya. Persentase validasi media tahap II yaitu 86,25% kategori “sangat baik”. Persentase validasi materi tahap II, 83% dalam kategori “sangat baik. Penilaian respon guru menyatakan bahwa komik yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 91,67%. Hasil analisis data ujicoba kelompok kecil menyatakan bahwa komik yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik”dengan persentase 88,61%. Dan dari hasil analisis data ujicoba kelompok besar menyatakan bahwa komik yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 86,38%. Dari hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa komik Webtoon yang dikembangkan dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran. Kekurangan pada produk ini, terkait dengan materi yang masih sederhana dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | KHOIRIAH |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |