wulandari, siska (2021) Pengembangan LKPD Berbantuan Cabri II Plus untuk membangun Kemampuan Koneksi Matematis pada materi Segiempat di kelas VII SMP. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
Skripsi Siska.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
cover (2).pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (3).pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB 1 (1).pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
BAB 5 (3).pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka (2).pdf Download (13kB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini tidak semua peserta didik memiliki kemampuan koneksi matematis yang baik banyak siswa yang kesulitan menghubungkan konsep-konsep materi matematika dengan materi sebelumnya. Hal ini dikarenakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi belum menunjukkan kegiatan yang aktif, bermakna, dan membangun kemampuan koneksi matematis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbantuan Cabri II Plus untuk membangun kemampuan koneksi matematis pada materi Segiempat kelas VII SMP dan untuk mengetahui kualitas LKPD yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli instrument, lembar validasi ahli desain, lembar validasi ahli materi, angket respon pendidik (guru) dan peserta didik, dan soal tes kemampuan koneksi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) berupa produk bahan ajar cetak yaitu LKPD berbantuan Cabri II Plus untuk membangun kemampuan koneksi matematis pada materi segiempat kelas VII SMP yang dikembangkan melalui beberapa tahapan model pengembangan ADDIE; (2) Hasil kevalidan LKPD, dilihat dari validasi oleh ahli desain dan ahli materi dengan persentase berturut-turut adalah 89% dan 80% memenuhi kategori “sangat valid”. Hasil kepraktisan LKPD dilihat dari uji coba perorangan terhadap guru (angket respon guru) dan implementasi kelompok kecil terhadap 9 siswa (angket respon peserta didik) dengan persentase berturut-turut adalah 93,34% dan 92,52% dengan kategori “sangat praktis”.Hasil keefektifan LKPD berdasarkan hasil tes kemampuan koneksi matematis dengan persentase 76,56% dengan kategori “efektif”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | WULANDARI |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 07:12 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |