Dewi, Krisiyana (2021) PENGARUH E-LEARNING DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018-2019 FKIP UNIVERSITAS JAMBI DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Pendidikan Ekonomi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan salah satu penggerak dalam proses pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan, maka perlu diketahui dari mana motivasi belajar itu datang. Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa di masa pandemi Covid-19 masih kurang. Hal tersebut dikarenakan pemanfaatan media pembelajaran seperti e-learning yang masih kurang dan perlu adanya penyesuaian dalam pemanfaatannya serta lingkungan belajar yang kurang mendukung dan beberapa faktor eksternal lain yang dapat mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2018-2019 FKIP Universitas Jambi di masa pendemi Covid-19 baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi dan hanya terfokus pada Program Studi Pendidikan Ekonomi dari angkatan 2018-2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 115 mahasiswa sebagai responden (laki-laki sebanyak 20% dan perempuan sebanyak 80%), sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh e-learning terhadap motivasi belajar. (2) Terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. (3) Terdapat pengaruh secara bersama-sama e-learning dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Dari hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa dengan adanya kerjasama dan saling menyiapkan dengan baik kesiapan diri antara dosen dan mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan e-learning, serta mendukungnya lingkungan belajar mahasiswa guna keberlangsungan proses pembelajaran daring yang dilakukan. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian yang lebih dalam upaya meningkatkan motivasi belajar mahasiswa khususnya pada proses pembelajaran daring menggunakan e-learnng di masa pandemi Covid-19.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dewi |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 03:16 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |