PENGARUH PENGGUNAAN NOTEBOOK DENGAN KERTAS ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI KELAS VII SMPN 11 MUARO JAMBI

Sari, Rian (2021) PENGARUH PENGGUNAAN NOTEBOOK DENGAN KERTAS ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI KELAS VII SMPN 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi (Fix).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh penggunaan notebook dengan kertas origami untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam layanan penguasaan konten di kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi Penulis : Rian Sari Pembimbing 1 : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing 2 : Rully Andi Yaksa, S.Pd., M.Pd Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan survei yang peneliti lakukan di SMP Negeri 11 Muaro Jambi terlihat banyak siswa kelas VII yang mengalami permasalahan belajar yaitu rendahnya minat dalam belajar. Hal ini terlihat pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dimana ada siswa yang sulit untuk memulai pelajaran, sering berbicara dengan teman sebangku, dan siswa lebih memilih untuk berkeliaran diluar kelas jika ada salah satu guru tidak mengajar didalam kelas. Hal ini juga didukung dengan informasi yang peneliti peroleh dari guru pembimbing yaitu siswa sering mengabaikan guru jika materi pembelajaran yang diajarkan oleh guru matapelajaran tidak menarik bagi dirinya, siswa sering keluar masuk kelas apabila merasa bosan berada dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan penggunaan notebook dengan kertas origami dalam layanan penguasaan konten pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design. Persyaratan dalam eksperimen ini adanya kelompok kontrol yang diberikan perlakuan konvensional dan ikut mendapatkan pengamatan. Sedangkan design yang digunakan adalah pre-test dan post-test group design. Sampel diambil menggunakan teknik penarikan sampel Purposive Sampling. Sehingga ditetapkan kelompok eksperimen yaitu kelas VII D dan kelompok kontrol yaitu kelas VII F. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan SPSS 21.00 ditemukan hasil Minat belajar pada kelompok eksperimen kelas VII D mengalami perubahan setelah diberikan perlakuan, yang mana terlihat dari instrumen tes pada post-test yaitu pada kategori sedang dengan rata-rata hasil 74,14 dengan uraian sebagian 76% - 80% responden memiliki minat belajar. Sedangakan Minat belajar pada kelompok kontrol kelas VII F mengalami perubahan setelah diberikan perlakuan, yang mana terlihat dari instrumen tes pada post-test yaitu pada kategori sangat rendah dengan rata-rata hasil 64,18 dengan uraian sebagian <70% responden memiliki minat belajar. Kata Kunci : Minat Belajar, Origami

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SARI
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:20
Last Modified: 12 Nov 2021 07:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item View Item