PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2017

Hartati, Lela Sukono (2021) PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2017. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI LELA SUKONO HARTATI (A1A117034).pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini berada pada posisi 10 besar paling bawah dari 79 negara. Kunandar (2014:1) menyebutkan salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah lulusan dari sekolah atau perguruan tinggi yang belum siap memasuki dunia kerja karena minimnya kompetensi yang dimiliki. Setelah dilakukan observasi pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkata 2017 ternyata sebagian mahasiswa belum memiliki kesiapan menjadi guru profesional dikarenakan belum mengetahui mengenai Program PPG dan tidak mendapat dukungan dari keluarga untuk menjadi guru. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pendidikan profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas jambi angkatan 2017 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi angkatan 2017 sebanyak 80 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total sehingga keseluruhan populasi dijadikan sampel dikarnakan jumlah populasi dibawah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket melalui google form, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian dengan menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara signifikan persepsi pendidikan profesi guru terhadap kesiapan menjadi guru profesional. (2) terdapat pengaruh secara signifikan lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru profesional. (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan persepsi pendidikan profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru profesional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel persepsi pendidikan profesi guru (X1) dan lingkungan keluarga (X2) terhadap kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi uiversitas jambi angkatan 2017.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: HARTATI
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:19
Last Modified: 05 Oct 2021 03:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26953

Actions (login required)

View Item View Item