IDENTIFIKASI DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA INTI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI

Julianingsih, Mauliana (2021) IDENTIFIKASI DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA INTI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (531kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa besar frekuensi dukungan sosial yang diberikan oleh keluarga inti kepada siswa. Peran keluarga inti yang terdiri dari orangtua maupun saudara sebagai pemberi dukungan sosial kepada siswa sangatlah penting. Karena dengan adanya dukungan sosial yang diterima oleh siswa melalui keluarga inti, akan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar disekolah sehingga siswa menjadi lebih produktif dalam mengejar prestasi di sekolah, serta dukungan sosial juga mencegah siswa mengalami stress maupun depresi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mana penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan keadaan subjek saat itu, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 115 siswa responden yang diambil melalui teknik unit sampling. Alat pengumpul data pada penelitian ini yaitu berupa wawancara dan angket model skala likert dengan penetapan alternatif lima jawaban. Kemudian pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase formula C yang dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran persentase. Penelitian menunjukkan 70,96% siswa kelas X di SMA Negeri 11 Muaro Jambi dukungan sosial keluarga intinya berada pada frekuensi “sering”. Jika dilihat perindikator menggunakan rumus formula C pada aspek dukungan emosional berada pada frekuensi sering sebesar 70,89%, pada aspek dukungan penghargaan berada pada frekuensi sering sebesar 73,83%, pada aspek dukungan instrumental berada pada frekuensi sering sebesar 68,43%, dan pada aspek dukungan informasi berada pada frekuensi sering sebesar 70,82%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial keluarga inti yag diterima oleh siswa sudah dinilai cukup baik. Namun hendaknya guru BK dan orangtua dapat membangun kerjasama untuk melihat bentuk dukungan sosial seperti apa yang tepat untuk siswa ketika berada disekolah maupun dirumah. Kata kunci: dukungan sosial, keluarga inti

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: JULIANINGSIH
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:34
Last Modified: 11 Oct 2021 07:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27020

Actions (login required)

View Item View Item