PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Refiani, Aulia (2021) PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN. S2 thesis, MAGISTER ILMU HUKUM.

[img] Text
FULL TEKS (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
COVER PROPOSAL baru-dikonversi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
CamScanner 10-11-2021 14.08.pdf

Download (538kB)
[img] Text
ABSTRAK BARU-dikonversi.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (104kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaturan bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi e-commerce. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaturan bentuk penyelesaian sengketa konsumen dalam transaksi e-commerce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan tiga pendekatan yaitu pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian ini adalah Pengaturan perlindungan hukum dalam transaksi e-commerce terdapat dalam Pasal 4 UUPK, yang berbicara mengenai hak konsumen. Pengaturan penyelesaian sengketa terhadap konsumen dalam transaksi e-commerce yaitu penyelesaian diluar pengadilan dan di pengadilan (litigasi dan non litigasi). Penyelesaian sengketa di luar pengadilan di laksanakan oleh BPSK adalah selaku peradilan konsumen yang menangani sengketa konsumen yang tugas dan wewenangnya diatur dalam Pasal 52 UUPK, dengan cara melalui konsiliasi, mediasi dan arbitrase. Penyelesaian sengketa di pengadilan dasar hukumnya Pasal 38 dan 39 UU ITE dan Pasal 45Ayat (1) UUPK. Pemerintah di harapkan membuat dan mensosialisasikan peraturan hukum yang mengikat bagi pelaku usaha dan konsumen guna menghindari dari ketidakpastian hukum yang ada, sehingga penyelesaian sengketa yang berkaitan dengan transaksi e-commerce dapat ditanggulangi dengan adanya payung hukum yang jelas untuk meminimalisir adanya kerugian yang lebih besar bagi konsumen e-commerce.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: REFIANI
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:31
Last Modified: 11 Oct 2021 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27021

Actions (login required)

View Item View Item