ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL SIMBOL HURUF MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK SELAMA MASA PANDEMI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KUALA TUNGKAL

Andriani, Yulia (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL SIMBOL HURUF MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK SELAMA MASA PANDEMI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KUALA TUNGKAL. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (594kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (150kB)
[img] Text
HAL PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Andriani, Yulia. 2021. “Analisis Kemampuan Mengenal Simbol Huruf Melalui Media Kartu Kata pada Anak Selama Masa Pandemi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kuala Tungkal”: Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Nofrans Eka Saputra, S.Psi., M.A. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Simbol Huruf, Media Kartu Kata Kemampuan mengenal huruf merupakan bagian dari aspek perkembangan bahasa anak, yang perlu dikembangkan dengan memberi stimulasi secara optimal sejak usia dini. Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan keaksaraan dalam mengenal simbol huruf melalui media kartu kata pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kuala Tungkal Selama Masa Covid-19 dan berdasarkan indikator kemampuan keaksaraan mengenal simbol huruf yaitu Mengenal huruf Vokal, Mengenal huruf konsonan, Menyebutkan dan menirukan suara hewan disekitarnya, Menyebutkan dan menirukan suara benda disekitarnya, Membuat dan menceritakan dengan beberapa coretan atau tulisan yang sudah dibuatnya, Meniru dan membuat tulisan gambar huruf, Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mana penelitian ini berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu. Pada penelitian ini TK yang menjadi subjek penelitian adalah anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kuala Tungkal dengan jumlah anak 10 anak usia dini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner berupa angket. Berdasarkan Hasil pengisian angket pada kemampuan keaksaraan dalam mengenal simbol huruf melalui media kartu kata anak usia dini TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kuala Tungkal sebesar 79,9%. Hasil pengisian angket pada indikator anak mengenal huruf vocal, mengenal huruf konsonan, menyebutkan dan menirukan suara hewan disekitarnya memiliki, menyebutkan dan menirukan suara benda disekitarnya, membuat dan menceritakan dengan beberapa coretan atau tulisan yang sudah dibuatnya, meniru dan membuat tulisan gambar huruf masing masing memiliki pesentase sebesar 79%; 75%; 81%; 79%; 79%; 77%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan keaksaraan dalam mengenal simbol huruf melalui media kartu kata anak usia dini TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kuala Tungkal berada pada kriteria “tinggi”.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Simbol Huruf, Media Kartu Kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ANDRIANI
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:32
Last Modified: 15 Oct 2021 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27096

Actions (login required)

View Item View Item