Anggraini, Ria (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII B SMP NEGERI 24 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
A1C217033_RIA ANGGRAINI (SKRIPSI).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (128kB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah pada kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 24 Kota Jambi, siswa belum mampu memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis. Kemudian pada self confidence , dapat dilihat ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa belum memiliki self confidence yang baik. Kelemahan dalam kemampuan komunikasi terdapat pada setiap materi matematika, salah satunya adalah materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self confidence pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII B SMP Negeri 24 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 24 Kota Jambi, dengan subjek sebanyak 6 orang siswa kelas VIII B. Dalam penelitian ini, siswa diberikan angket self confidence dan soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dengan self confidene tinggi, sedang, dan rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang berbeda-beda. Siswa dengan kategori self confidence tinggi secara rata-rata memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tergolong tinggi dengan persentase 87,5%. Kemudian, siswa dengan kategori self confidence sedang secara rata-rata memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tergolong sedang dengan persentase 58,33%. Dan siswa dengan kategori self confidence rendah secara rata-rata memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tergolong rendah dengan persentase 20,83%. Dalam hal ini, self confidence mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Dimana, apabila self confidence tinggi maka akan semakin tinggi pula kemampuan komunikasi matematisnya. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah self confidence siswa maka akan semakin rendah pula kemampuan komunikasi matematisnya. Hal ini dikarenakan siswa yang memiliki self confidence tergolong tinggi, siswa tersebut akan memiliki kemauan untuk berprestasi dalam belajar dan tidak merasa khawatir serta ragu dalam segala perilakunya. Sehingga siswa dengan bebas menyampaikan ide atau gagasan matematika dengan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Anggraini |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 06:38 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |