Wulandari, Jeny (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN APLIKASI CABRI II PLUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DI KELAS IX SMP N 21 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI JENY WULANDARI (A1C217040).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa di kelas IX SMP N 21 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan teknologi dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa di kelas IX SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMP N 21 Kota Jambi. Subjek penelitian dalam penelitian ini berupa tim ahli materi, ahli media, dan guru yang akan melakukan validasi terhadap produk yang dibuat, serta pemakai dari produk ini adalah siswa kelas IX A SMP N 21 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi instrumen, angket validasi materi, angket validasi desain, angket penilaian guru, angket respon siswa, dan lembar tes kemampuan representasi matematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Reciprocal Teaching berbantuan aplikasi Cabri II Plus yang dikembangkan tergolong dalam kategori “Valid” dengan rata-rata persentase penilaian kevalidan sebesar 76,67%, “Sangat Praktis” dengan rata-rata persentase penilaian kepraktisan sebesar 92%, dan dinyatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase nilai ketuntasan klasikal sebesar 90,625% atau kriteria “Sangat Efektif”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan oleh peneliti memiliki kualitas yang baik sesuai dengan pendapat Nieveen bahwa bahan ajar yang baik yaitu yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Reciprocal Teaching, Cabri II plus, Kemampuan Representasi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | WULANDARI |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 03:39 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |