Pengembangan LKPD berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbantuan Cabri 3D pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP

Butarbutar, Mastiuli and Ramalisa, Yelli and Pasaribu, Feri Tiona (2021) Pengembangan LKPD berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbantuan Cabri 3D pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (103kB)
[img] Text
lembar persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (317kB)
[img] Text
artikel .pdf

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan peserta didik pada perkembangan zaman abad ke-21 dan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dimana peserta didik dituntut untuk mampu lebih aktif dan lebih mandiri dalam pembelajaran serta mampu menghadapi segala jenis tantangan pada era modern saat ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan STEM Science, Technology, Engineering and Mathematics) berbantuan Cabri 3D pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D) yang terdiri dari tahap define, design, development dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Muaro Jambi. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Muaro Jambi. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi materi, angke validasi desain, angket respon pendidik dan angket respon peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik serta lembar tes hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menghasilkan LKPD yang kualitasnya dinilai berdasarkan 3 kriteria yaitu valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (1) persentase kevalidan LKPD dari ahli materi sebesar 89,6% dengan kriteria “Sangat Valid” dan dari ahli desain sebesar 88,75% dengan kriteria “Sangat Valid”; (2) persentase kepraktisan LKPD oleh pendidik sebesar 88,46% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan oleh peserta didik sebesar 84,28% dengan kriteria “Sangat Praktis”; (3) persentase keefektifan LKPD dari lembar observasi sebesar 83,3% dengan kriteria “Sangat Efektif”, dari angket respon peserta didik sebesar 85% dengan kriteria “Sangat Efektif” dan dari tes hasil belajar sebesar 82,6% dengan kriteria “Sangat Efektif”.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: BUTARBUTAR
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:17
Last Modified: 18 Oct 2021 07:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27140

Actions (login required)

View Item View Item