Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif

Setiana, Erin and Mujahidawati, Dra and S.Pd., M.Pd, Novferma (2021) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (157kB)
[img] Text
lembar persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal SPLTV, sehingga tingkat pemahaman dan penyelesaian masalah siswa masih kurang komunikatif terutama pada siswa yang bergaya kognitif impulasi yang cenderung terburu-buru dalam menjawab soal dan kurang teliti dalam mengkomunikasikan jawaban yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) ditinjau dari gaya kognitif impulsif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo. Peneliti memperoleh 4 subjek berdasarkan hasil tes gaya kognitif impulsif serta diskusi dan pertimbangan yang dilakukan peneliti dengan guru matematika. Kemudian subjek tersebut diberikan tes kemampuan komunikasi matematis yaitu penyelesaian masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Kemudian didukung dengan wawancara untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis secara lebih dalam. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dua siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi dalam menyelesaikan masalah SPLTV. Dua siswa lainya memiliki kemampuan komunikasi matematis rendah dalam menyelesaikan masalah SPLTV. Hanya memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematika yaitu siswa mampu menjawab apa yang diketahui dan ditanyakan dalam suatu permasalahan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Setiana
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:37
Last Modified: 18 Oct 2021 02:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27143

Actions (login required)

View Item View Item