Suraini, Dhea Dwi (2021) Analisis critical thinking skill mahasiswa pendidikan biologi melalui pembelajaran lingkungan berbasis mini research project terintegrasi pro environmental behavior. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (Skripsi Full)
REVISI SIDANG SKRIPSI DHEA DWI SURAINI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover)
COVER SKRIPSI.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I_DHEA DWI SURAINI.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text (Daftar rujukan)
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text (Halaman Pengesahan)
Lembar pengesahan .pdf Download (97kB) |
![]() |
Text (Pesetujuan)
PERSETUJUAN DOSPEM.pdf Download (43kB) |
Abstract
Critical thinking skill merupakan pembelajaran abad 21 yang dibutuhkan dimasa depan yaitu generasi 4.0. Namun ditemukan mahasiswa Pendidikan Biologi masih ada yang memiliki keterampilan dalam berpikir kritis tergolong rendah. Berdasarkan indikator critical thinking skill yang dikemukakan Kallet (2015:17), yaitu: clarity, conclusions, dan decisions. Fokus dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat critical thinking skill yang dimiliki mahasiswa Pendidikan Biologi melalui pembelajaran lingkungan berbasis mini research project terintegrasi pro environmental behavior. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam analisis critical thinking skill dan penerapan model pembelajaran lingkungan berbasis mini research project terintegrasi pro environmental behavior. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes critical thinking skill dan lembar kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat critical thinking skill mahasiswa Pendidikan Biologi yang melaksanakan pembelajaran lingkungan berbasis mini research project terintegrasi pro environmental behavior tergolong baik terlihat dari hasil yang diperoleh per indikator critical thinking skill, yaitu clarity 65,8%, conclusions 77,6%, dan decisions 58,4%. Dibandingkan kelas yang tidak melaksanakan pembelajaran mini research project yang masih tergolong rendah dibawah 50% per indikator. Sehingga diharapkan adanya penerapan pembelajaran mini research project yang dapat meningkatkan critical thinking skill mahasiswa dalam mata kuliah lainnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Suraini |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 03:27 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |