PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK KELAS XI SMA

Dwita, Yardila (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_YARDILA DWITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
COVER YARDILA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN YARDILA.pdf

Download (535kB)
[img] Text
ABSTRAK YARDILA .pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 1 YARDILA .pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB V YARDILA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Dwita, Yardila. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Sistem Reproduksi untuk Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr Ervan Johan, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I., (2) M. Erick Sanjaya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Interaktif, Lectora Inspire Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire pada materi sistem reproduksi untuk kelas XI SMA, (2) Untuk mengetahui kelayakan materi dan media pembelajaran (3) Untuk penilaian guru dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Lectora Inspire. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Jambi pada Agustus 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket melalui google form kepada peserta didik dan guru mata pelajaran biologi. Media pembelajaran Lectora Inspire yang dikembangkan membahas mengenai materi sistem reproduksi. Penelitian ini termasuk ke dalam kelompok R & D. Menggunakan model pengembangan 4-D yang terdapat lima tahapan yaitu Define (Pendefinisisan), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 4 Kota Jambi. Ujicoba dilakukan terhadap 6 peserta kelompok kecil dan 30 peserta sebagai kelompok besar. Instrument pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media, penilaian guru dan repson siswa. Hasil validasi materi diperoleh sebesar 89,06% dan hasil validasi media diperoleh sebesar 98,43%, kemudian hasil penilaian guru memperoleh persentase sebesar 93,75%, hasil ujicoba kelompok kecil sebesar 89,58% dan kelompok besar sebesar 84,16% sehingga dapat disimpulkan semuanya masuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire pada materi sistem reproduksi dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: DWITA
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:29
Last Modified: 19 Oct 2021 04:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27185

Actions (login required)

View Item View Item