PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP SELF SELF EFFICACY SISWA DI SMP NEGERI 20 KOTA JAMBI

Dwi Setiawati, Indah (2021) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP SELF SELF EFFICACY SISWA DI SMP NEGERI 20 KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
SKRIPSI INDAH DWI SETIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Self Efficacy Siswa di SMP Negeri 20 Kota Jambi Nama : Indah Dwi Setiawati NIM : RRA1E115007 Pembimbing 1 : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing 2 : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi., M.Pd Salah satu faktor yang mempengaruhi self efficacy yaitu keluarga. Lingkungan kelurga akan memberikan pengaruh terhadap self efficacy remaja. Orang tua membangun kompetensi remaja ketika memberikan lingkungan yang menawarkan beberapa tantangan, dorongan untuk menetapkan aspirasi yang tinggi namun realistis, memberikan peran model yang positif, menyediakan dan mendukung pengalaman penguasaan dan mengajarkan bagaimana menghadapi kesulitan. Pola asuh demokratis yaitu pola asuh yang memiliki kehangatan antara orang tua dan anak, memberikan kebebasan namun tetap ada batasannya, yang dimaksud dalam penelitian ini adalah persepsi anak tentang bagaimana orang tua mempunyai kehangatan, kedisiplinan, kebebasan serta memberikan hadiah dan hukuman yang rasional terhadap anak. sedangkan Self efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan yang dimiliki untuk mengatur dan melaksanakan serangkaian tindakan serta mampu bertahan menghadapi tantangan dalam capaian tujuan yang diharapkan berdasarakan magnitude atau level (tingkat), Generality (generalisasi), dan Strength (kekuatan). Dalam penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 95 siswa dengan kriteria memiliki pola asuh demokratis, dan merupakan siswa kelas VIII SMP N 20 Kota Jambi. Analisis yang dilakukan menggunakan tehnik analisis regresi linier sederhana dan pengolahan analisis regresi menggunakan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian mengenai Tingkat pola asuh demokratis menunjukkan pada klasifikasi “Tingi” dengan persentase sebesar 77%. Tingkat Self Efficacy yang dimiliki oleh siswa berada pada klasifikasi “Tinggi” dengan persentase sebesar 70%, pada hasil pengolahan analisis regresi, perhitungan menggunakan bantuan program SPSS diperoleh F hitung sebesar 104,492 > F tabel 3,94. Dengan hasil tersebut menandakan bahwa “hipotesis diterima” atau “terdapat pengaruh pola asuh demokatis terhadap self efficacy siswa di SMP Negeri 20 Kota Jambi”. Nilai determinasi yang diperoleh menunjukkan angka sebesar 0,529 dengan persentase 52,9 %. Pada penelitian ini pola asuh demoratis mempengengaruhi self efficacy sebesar 52,9 %. Sedangkan sebesar 47,1 % dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengolahan data Self Efficacy dan pola asuh demokratis yang telah dilaksanakan di SMP N 20 Kota Jambi dapat digunakan untuk meningkatkan self efficacy yang ada di SMP N 20 Kota Jambi. Dengan begitu, guru bimbingan dan konseling serta pihak terkait dapat mengoptimalkan layanan dengan baik. Kata Kunci: Pola Asuh Demokratis, Self Efficacy.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SETIAWATI
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:35
Last Modified: 02 Nov 2021 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27345

Actions (login required)

View Item View Item