Yanti, Krisma (2021) Pengaruh Literasi Digital dan Self Directed Learning Terhadap Minat Menjadi Technopreneur Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
COVER, JUDUL.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan(2).pdf Download (114kB) |
Abstract
ABSTRAK Yanti, Krisma. 2021. Pengaruh Literasi Digital dan Self Directed Learning Terhadap Minat Menjadi Technopreneur Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi : Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Muazza, M.Si, (II) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Minat Technopreneur, Literasi Digital dan Self Directed Learning. Meningkatnya pengangguran salah satunya disebabkan karena banyaknya lulusan pendidikan yang tidak terserap lapangan pekerjaan atau juga disebut dengan pengangguran terdidik. Untuk memerangi kondisi tersebut, mahasiswa dibekali dengan ilmu kewirausahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kegiatan kewirausahaan berdaptasi menjadi kegiatan wirausaha berbasis teknologi atau disebut technopreneur. Namun minat technopreneur pada mahasiswa masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena kurangnya keinginan untuk belajar mandiri mengenai apa itu kegiatan bisnis berbasis teknologi dan kurangnya pemanfaatan kegiatan literasi, khususnya literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan self directed learning terhadap minat menjadi technopreneur pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa angkatan tahun 2017 dan 2018 Prodi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi sebanyak 140 mahasiswa. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan ialah non probability sampling secara jenuh sebanyak 140 responden. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket melalui google form kemudian dianalisis menggunakan tekhnik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh literasi digital terhadap minat menjadi technopreneur pada mahasiswa. (2) Terdapat pengaruh self directed learning terhadap minat menjadi technopreneur pada mahasiswa. (3) Terdapat pengaruh secara simultan dari variabel literasi digital dan self directed learning terhadap minat menjadi. Dari hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa semakin baiknya pemahaman literasi digital dan self directed learning akan semakin memudahkan mahasiswa dalam kegiatan technopreneur. Oleh karena itu, untuk para mahasiswa disarankan agar dapat meningkatkan kegiatan literasi digital dan belajar mandiri agar mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi, khususnya bidang wirausaha.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Technopreneur, Literasi Digital dan Self Directed Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Yanti |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 03:00 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |