ASTUTI, MELASI (2021) ANALISIS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN TEMA BINATANG DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AL-AQHSA KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (215kB) |
Abstract
ABSTRAK Astuti, Melasi. 2021. Penggunaan Pembelajaran Tema Binatang Dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Al-Aqsha Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Nyimas Muazzomi, S. Ag., M.Pd.I., (II) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi pada hasil observasi terdahulu yang dilakukan oleh peneleti, terdapat permasalahan yang ada dilapangan mengenai tentang perkembangan kognitif anak usia dini pada pembelajaran tema binatang. Bahwa pada penggunaan pembelajaran tema binatang, perkembangan kognitif anak ada beberapa yang tidak berkembang dengan baik dan ada beberapa yang sudah berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran tema binatang dalam perkembangan kognitif anak usia dini di Tk Al-Aqhsa Kota Jambi. Dengan melakukan wawancara kepada guru dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas abu bakar di sentra bahan alam dengan anak berjumlah 12 orang. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomonologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perkembangan kognitif anak dapat berkembang dengan baik dengan beberapa faktor yaitu pada penggunaan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penggunaan perencanaan yang harus diaplikasikan kedalam proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, penilaian yang dilakukan harus sesuai dengan indikator perkembangan anak, dan guru harus bisa menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga anak lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Sehingga aspek perkembangan anak dapat berkembangan dengan optimal. Kata Kunci : Tema binatang, Perkembangan kognitif, Anak Usia Dini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing (1) Nyimas Muazzomi, S. Ag., M.Pd.I., (II) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Tema binatang, Perkembangan kognitif, Anak Usia Dini. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ASTUTI |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 04:05 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 04:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |