Sari, Ratna Kartika and Bakar, Abu and Dewi, Fatria and Afrida, Afrida (2021) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS PBL MENGGUNAKAN BLOG PADA MATERI REAKSI REDOKS SMA KELAS X. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS PBL MENGGUNAKAN BLOG PADA MATERI REAKSI REDOKS SMA KELAS X)
COVER.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS PBL MENGGUNAKAN BLOG PADA MATERI REAKSI REDOKS SMA KELAS X)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS PBL MENGGUNAKAN BLOG PADA MATERI REAKSI REDOKS SMA KELAS X)
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS PBL MENGGUNAKAN BLOG PADA MATERI REAKSI REDOKS SMA KELAS X)
BAB 1.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS PBL MENGGUNAKAN BLOG PADA MATERI REAKSI REDOKS SMA KELAS X)
BAB V.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS PBL MENGGUNAKAN BLOG PADA MATERI REAKSI REDOKS SMA KELAS X)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
Abstract
Materi reaksi redoks merupakan materi tergolong abstrak dan mencakup banyak teori dan konsep-konsep cukup kompleks yang harus dipahami dengan baik oleh siswa, sehingga mengakibatkan materi reaksi redoks menjadi sulit untuk dimengerti oleh sebagian besar siswa. Apalagi pada kondisi pembelajaran daring sehingga dalam proses pembelajarannya siswa dituntut untuk memiliki kemampuan belajar mandiri. Untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa diperlukan inovasi pada Media Pembelajaran e-Modul. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan teoritis berdasarkan penilaian dari tim ahli, yakni ahli materi dan ahli media terhadap e-modul berbasis PBL menggunakan blog. Mengetahui kelayakan praktisi berdasarkan hasil penilaian respon guru mata pelajaran terhadap media yang dikembangkan, serta mengetahui dampak potensial dari media pembelajaran yang berorientasi terhadap kemampuan belajar mandiri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi 4 tahapan yaitu Research and information collecting (penelitian awal dan pengumpulan informasi), Planning (perencanaan), Develop preliminary form of product (pengembangan produk awal), Preliminary Field testing (uji coba lapangan awal). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara, angket kebutuhan siswa. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta penilaian guru mata pelajaran kimia. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi dan media terhadap e-modul berbasis PBL menggunakan blog pada materi reaksi redoks memberikan penilaian dengan kriteria “sangat baik” dan dinyatakan layak untuk diujicobakan. Kemudian dari hasil penilaian guru mata pelajaran kimia memperoleh kategori sangat baik. Dan berdasarkan respon siswa terhadap e-modul berbasis PBL menggunakan blog memperoleh kategori sangat baik. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PBL menggunakan blog pada materi reaksi redoks ini sudah layak untuk diujicobakan pada siswa kelompok besar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Modul, Problem Based Learning, Blog, Kemampuan Belajar Mandiri, Reaksi Redoks. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 01:41 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 01:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |