PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS JAMBI

atun, sri (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
HAL JUDUL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
SKRPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (240kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan (L.N dan Sugandhi, 2014:38). Menurut Otoritas Jasa Keuangan (2017:77) literasi keuangan merupakan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan. Menurut Sriyanti (2013:135) minat adalah kesadaran seseorang bahwa suatu objek, seseorang, suatu soal atau suatu situasi ada sangkut paut dengan dirinya. The family environment is the first educational environment, because it is in this family that children first receive education and guidance (L.N and Sugandhi, 2014:38). According to the Financial Services Authority (2017: 77) financial literacy is knowledge, skills, and beliefs that influence attitudes and behavior to improve the quality of decision making and financial management in order to achieve prosperity. According to Sriyanti (2013:135) interest is a person's awareness that an object, person, problem or situation has something to do with him. This study aims to determine the effect of the family environment and financial literacy, either partially or simultaneously on the interest in investing in students of Economics Education FKIP Jambi University. The population in this study were undergraduate students of the 2017 Economics Education Study Program. This research is a research with a quantitative approach. This research is a population study. The sampling technique used in this study is a saturated sampling technique with a total of 79 respondents. Data collection techniques using a questionnaire. This research is a quantitative research with descriptive method and the data analysis technique used is multiple regression analysis. The results showed that: a) There was an influence of the family environment on the interest in investing in students of Economics Education FKIP Jambi University, with the value of t count > t table, namely 2.463 > 1.992. b) There is an effect of financial literacy on the interest in investing in Economics Education students, FKIP Jambi University, with a value of t count > t table, which is 5.206 > 1.992. c) There is a significant influence between family environment and financial literacy on investment interest in Economics Education students, FKIP Jambi University, where the F count value is 58.381 and the F table value is 3.12 (58.381 > 3.12). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan literasi keuangan, baik secara parsial maupun simultan terhadap minat berinvestasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2017. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh dengan jumlah responden 79 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berinvestasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi, dengan nilai t hitung > t tabel, yaitu 2.463 > 1,992. b) Terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap minat berinvestasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi, dengan nilai t hitung > t tabel, yaitu 5,206 > 1,992. c) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan literasi keuangan terhadap minat berinvestasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi, dimana nilai Fhitung sebesar 58,381 dan nilai Ftabel sebesar 3,12 (58,381 > 3,12).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, literasi keuangan, minat berinvestasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Atun
Date Deposited: 19 Nov 2021 01:42
Last Modified: 19 Nov 2021 01:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27753

Actions (login required)

View Item View Item