Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP

Herliana, Herliana and Mujahidawati, Dra and Pasaribu, Feri Tiona (2021) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena LKPD yang digunakan di SMP Negeri 16 Kerinci belum menunjukkan kegiatan belajar yang aktif, dan belum mampu mendukung kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mendeskripsikan kualitas LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Cabri 3D yang dapat digunakan dalam mendukung kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP berdasarkan kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemention, Evaluation). Subjek penelitiannya yaitu salah seorang guru matematika kelas VIII SMP Negeri 16 Kerinci untuk uji coba perorangan, dan 9 orang peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 16 Kerinci untuk uji coba kelompok kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli instrumen, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli desain, angket respon pendidik dan angket respon peserta didik. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Cabri 3D untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP yang dilaksanakan melalui beberapa tahapan model pengembangan ADDIE, (2) Hasil kevalidan LKPD dilihat dari hasil validasi tim ahli yaitu ahli materi dan ahli desain, dengan rata-rata persentase penilaian kevalidan sebesar 94,58% dengan kriteria “sangat valid”. Kemudian untuk hasil kepraktisan LKPD dilihat dari hasil angket respon pendidik dan peserta didik, dengan rata-rata persentase penilaian kepraktisan sebesar 88,53% dengan kriteria “sangat praktis”. Dengan demikian, LKPD berbasis Problem Based Learning berbatuan Cabri 3D untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar Kelas VIII SMP valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Herliana
Date Deposited: 19 Nov 2021 01:42
Last Modified: 19 Nov 2021 01:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27756

Actions (login required)

View Item View Item