Desentralisai Pendidikan Guna Membangun Karakter Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Penyelenggaran Pemerintahan Jambi

Ridwan, Ahmad (2021) Desentralisai Pendidikan Guna Membangun Karakter Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Penyelenggaran Pemerintahan Jambi. S3 thesis, DOKTOR ILMU HUKUM.

[img] Text
cover.pdf

Download (120kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BABVI.pdf

Download (357kB)
[img] Text
Lembaran Persetujuan ridwan-digabungkan.pdf

Download (986kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui menganalisis dan menemukan bagaimana pengaturan desentralisasi pendidikan yang diserahkan kepada daerah guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah; (2) Untuk mengetahui menganalisis dan menemukan bagaimana nilai dan tujuan pendidikan yang akan dikembangkan dalam membangun sumber daya manusia di daerah dalam penyelenggraaan pemerintahan daerah; (3) Untuk mengetahui menganalisis dan menemukan bagaimana wujud desentralisasi pendidikan yang diserahkan kepada daerah sebagai upaya pemerintah daerah membangun karakter dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian ini menggunakan metode normatif dengan langkah-langkah deskripsi, sistematisasi dan eksplanasi terhadap isi hokum positif secara mendalam dengan menggunakan pendekatan konsep, pendekatan undang-undang. Pendekatan kasus dan pendekatan perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Dari berbagai perspektif fungsi dan tujuan pendidikan jelas terlihat bahwa pendidikan di Indonesia berupaya untuk menciptakan bangsa yang cakap. beriman, bertaqwa kepada Tuhan serta memilki pengetahuan yang baik dan wawasan kebangsaan yang luas seperti yang tertuang dalam sila pertama. Pendidikan di Indonesia sangat berperan penting dalam membangun masyarakat. Melalui pendidikan, masyarakat melakukan transformasi budaya, menciptakan tenaga kerja, menciptakan alat control social dan lain sebagainya. Pelaksanaan otonomi daerah dan perimbangan keuangan pusat-daerah yang telah diimplementasikan sejak tahun 2001 merupakan momentum yang sangat tepat untuk mereformasi penyelenggaraan pendidikan dari aspek birokrasi, pendanaan, dan manajemen pendidikan. Desentralisasi pendidikan yang efektif tidak hanya melibatkan proses pemberian kewenangan dan pendanaan yang lebih besar dari pemerintah pusat kepemerintah daerah, tetapi desentralisasi juga harus menyentuh pemberian kewenangan yang lebih besar ke sekolah-sekolah dalam menentukan kebijakan-kebijakan: Mutu atau kualitas dan relevansi pendidikan ada pada setiap proses pentahapan di satuan pendidikan. Komitmen Pemerintah untuk berinvestasi pada pendidikan sebagai solusi masa depan bangsa harus segera diwujudkan sepenuhnya melalui pengalokasian 20% APBN untuk pendidikan di luar anggaran pendidikan kedinasan dan gaji guru. Untuk lebih memperkuat dukungan pengembangan pendidikan, sangat diperlukan kemitraan yang erat antara Pemerintah, pemerintah daerah, dan swasta dalam menyelenggarakan pendidikan yang bermutu. Kata Kunci: Desentralisasi Pendidikan, karakter, sumberdaya manusia

Type: Thesis (S3)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Ilmu Hukum
Depositing User: ridwan
Date Deposited: 13 Dec 2021 06:59
Last Modified: 13 Dec 2021 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27775

Actions (login required)

View Item View Item