Pengembangan Panduan Praktikum Materi Dermatoglifi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Biologi

Muthia, Gusti Ayu (2021) Pengembangan Panduan Praktikum Materi Dermatoglifi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Biologi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Salah satu materi praktikum genetika adalah dermatoglifi. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa 54.8% mahasiswa kesulitan memahami dermatoglifi dan mahasiswa menyatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif mahasiswa 61,3% tidak baik. Berdasarkan kendala tersebut maka dilakukan pengembangan panduan praktikum materi dermatoglifi berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Objek penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah praktikum genetika di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap analysis bertujuan untuk mengetahui kebutuhan materi. Tahap design meliputi kegiatan perancangan panduan praktikum. Tahap development bertujuan untuk menilai kelayakan produk melalui validasi materi, validasi media, dan uji coba produk. Uji coba yang dilakukan terdiri dari uji coba kelompok kecil dengan responden 6 orang dan uji coba kelompok besar dengan responden 16 orang. Tahap implementation merupakan tahap menerapkan panduan praktikum. Kegiatan implementation dilakukan kepada 15 orang mahasiswa. Saat tahap implementation diberikan soal pretest-postest kepada mahasiswa untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatifnya. Soal tes dianalisis dengan menggukan Uji paired sample T-test dan Uji N-Gain. Tahap terakhir adalah evaluation. Kegiatan evaluasi terdiri dari evaluasi formatif dan sumatif. Berdasarkan analisis data hasil peneltian menunjukkan bahwa panduan praktikum berbasis inkuiri yang dikembangkan memperoleh penilaian validasi materi yang mengalami peningkatan dari 58,26% (cukup baik) menjadi 73,84% (baik). Sedangkan validasi media yang dilakukan tiga kali diperoleh hasil 34,78% (sangat tidak baik), 66,19% (cukup baik), dan 89,05% (sangat baik). Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh nilai 84,82% (sangat baik) dan 89,05% (sangat baik). Uji paired sample T-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan panduan praktikum terhadap meningkatnya kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Uji N-gain skor diperoleh hasil 0,73 sehingga disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan kategori tinggi. Jadi, dari hasil yang diperoleh diketahui bahwa produk yang dikembangkan telah layak untuk digunakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Panduan Praktikum, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: MUTHIA
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:37
Last Modified: 29 Nov 2021 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27937

Actions (login required)

View Item View Item