PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM KERAGAMAN GENETIK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI PENDEKATAN MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Maheni, Maheni (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM KERAGAMAN GENETIK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI PENDEKATAN MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI_MAHENI(A1C417043).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Panduan praktikum belum memuat materi keragaman genetik. Berdasarkan angket studi pendahuluan 61% mahasiswa sangat setuju jika materi keragaman genetik dipraktikumkan. Karena dapat menunjukkan variasi genetik yang ada pada makhluk hidup. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang telah mengikuti praktikum genetika. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Tahap analysis bertujuan untuk mengetahui kebutuhan materi. Tahap design meliputi kegiatan perancangan panduan praktikum. Tahap development bertujuan untuk menilai kelayakan produk melalui validasi materi, validasi media, dan uji coba produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada tahap development adalah angket. Validasi materi dan media dilakukan dengan memberikan penilaian dan saran terhadap panduan praktikum. Uji coba produk bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap panduan praktikum. Uji coba yang dilakukan terdiri dari uji coba kelompok kecil dengan 6 responden dan uji coba kelompok besar dengan 15 responden. Tahap implementation merupakan tahap menerapkan panduan praktikum. Kegiatan implementation dilakukan kepada 15 orang mahasiswa. Saat tahap implementation diberikan soal pretest-postest kepada mahasiswa untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatifnya. Soal test dianalisis dengan menggukan Uji paired sample T-test dan Uji N-Gain. Tahap terakhir adalah evaluation. Kegiatan evaluasi terdiri dari evaluasi formatif dan sumatif. Panduan praktikum keragaman genetik menggunakan model Project Based Learning telah layak digunakan dalam proses pelaksanaan praktikum. Berdasarkan analisis data hasil penelitian bahwa panduan praktikum dikembangkan memperoleh penilaian validasi ahli materi sebanyak tiga kali yang mengalami peningkatan dari 38,80% (tidak baik), 77,14% (baik) menjadi 92,93% (sangat baik). Sedangkan validasi media dilakukan dua kali dari 70,76% (baik) menjadi 86% (sangat baik). Hasil uji coba pada kelompok kecil 80,65% (baik) dan uji coba pada kelompok besar 87,51% (sangat baik). Data implementasi berdasarkan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil pretest dan postest mahasiswa. Berdasarkan uji N-gain skor didapatkan sebesar 0,63 dengan kategori sedang sehingga disimpulkan bahwa penerapan panduan praktikum yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Panduan Praktikum, Project Based Learning, Merdeka Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Maheni
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:36
Last Modified: 29 Nov 2021 03:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27938

Actions (login required)

View Item View Item