Anggun Sasmita, Putri (2021) Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga Dan Minat Belajar Terhadp Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
Skripsi Full Putri Anggun Sasmita.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
cover..pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
Halamanan pengesahan.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
BABi V1.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
Abstract
ABSTRAK Sasmita, Putri Anggun. 2021. Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Kata Kunci : Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga, Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa. Intensitas komunikasi keluarga dan minat belajar terhadap nilai mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Permasalahan lain yang ditemukan adalah kemandirian belajar siswa masih tergolong rendah. Disebabkan rendahnya kemandirian siswa ditandai dengan adanya siswa yang malu bertanya apabila menghadapi kesulitan memahami materi pelajaran siswa pasif dalam kegiatan belajar mengajar dan adanya siswa menyontek pada saat ulangan harian. Penyebabnya yang dominan adalah adanya anggapan siswa bahwa pelajaran ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi kebanyakan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk melakukan langkah- langkah penelitian mulai dari awal sampai akhir penelitiab, seperti: Pendekatan penelitian, macam penelitian, metode pengumpulan informasi (obervasi awal), pengujian instrument penelitian, populasi dan sample, unit analisis, teknik sampling , pengumpulan data , uji instrument penelitian, metode analisis data, uji hipotesis dan seterusnya. Semua itu disebutkan secara umum dalam desain penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan minat belajar anak, komunikasi keluarga sangat penting. Keluarga mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberhasilan anak dengan cara memberikan rangsangan atau stimulus serta minat- minat yang baik kepada anak agar lebih bersamangat dalam belajar. Komunikasi yang baik itu sebaliknya dilakukan secara timbal balik dan selisih berganti antara keluarga anak dalam keluarga, terutama mengenai pendidikan. Penelitian ini menjelaskan mengenai pengaruh intensitas komunikasi keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini terdiri dari tiga hipotesis penelitian yang diajukan.Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga, Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | SASMITA |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 06:26 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 06:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |