Somad, Anita (2021) Implementasi Nilai Karakter Patriotisme Bung Tomo Dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XII IPS I SMA N 6 Batanghari. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.
![]() |
Text
SKRIPSI ANITA S X.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
Persetujuan dan pengesahan.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK ANITA-dikonversi.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN-dikonversi.pdf Download (160kB) |
Abstract
ABSTRAK S, Anita. 2021. Implementasi Nilai Karakter Patriotisme Bung Tomo Dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XII IPS I SMA N 6 Batanghari: Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum.,M.Pd. Pembimbing (2) Nelly Indrayani, S.Hum., M.Hum. Kata Kunci : Implementasi, Nilai Karakter Patriotisme Bung Tomo, Pembelajaran Sejarah Dewasa ini semakin banyak kasus merosotnya perilaku siswa yang kurang mencerminkan sebagai seorang siswa yang baik diantaranya terdapat prilaku yang meusak diri, hilangnya pedoman moral, semakin rendah rasa hormat kepada orang tua dan guru serta rendahnya rasa tanggung jawab individu dan kelompok, sehingga hal ini diperlukan penanaman nilai kepada peserta didik, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi nilai karakter patriotisme Bung Tomo dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XII IPS I SMA N 6 Batanghari. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai karakter patriotisme Bung Tomo dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XII IPS I SMA N 6 Batanghari pada KD 4.1 menganalisis peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara indonesia adalah (1) dari hasil observasi terdapat 5 indikator nilai karakter patriotisme Bung Tomo yang diimplementasikan yaitu: rela berkorban, pantang menyerah, kesetiakawanan sosial, percaya diri dan berani. (2) hasil wawancara guru sejarah terdapat 5 indikator nilai karakter patriotisme Bung Tomo yang diimplementasikan diantaranya yaitu : rela berkorban yaitu agar siswa dapat selalu mematuhi tata tertib belajar dan disiplin dalam belajar, pantang menyerah yaitu supaya siswa tidak mudah putus asa dalam belajar, kesetiakawanan sosial yaitu agar siswa dapat selalu saling memotivasi teman dalam belajar, percaya diri yaitu agar siswa mampu mengerjakan apa yang ditugaskan kepadanya serta percaya diri berpendapat , dan berani yaitu agar siswa berani mengemukakan hal yang salah dan yang benar dalam belajar. (3) dari hasil kuisioner (angket), menunjukkan tingkat implementasi nilai karakter patriotisme Bung Tomo dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XII IPS I SMA N 6 Batanghari 71% (baik). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 5 indikator nilai karakter patriotisme Bung Tomo yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XII IPS I SMA N 6 Batanghari yang diantaranya nilai rela berkorban, nilai pantang menyerah, nilai kesetiakawanan sosial, percaya diri dan berani.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | S |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 06:27 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 06:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |