Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Perilaku Prososial Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota jambi

Alfarisi, Hasbi (2021) Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Perilaku Prososial Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI HASBI ALFARISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] Text
1. COVER-dikonversi.pdf

Download (33kB)
[img] Text
2. ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
7. BAB I-dikonversi.pdf

Download (164kB)
[img] Text
11. BAB V-dikonversi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (40kB)

Abstract

Hasbi, A. 2021. Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Perilaku Prososial Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Asradi, M. M., Pembimbing (II) Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi.,M.Pd., Latar belakang ini adanya hubungan dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial siswa. Perilaku prososial bisa terbentuk dengan adanya hubungan dukungan sosial orangtua karena orangtua sangat berperan penting dalam perkembangan perilaku anak di lingkungan sekitarnya sehari-hari, jika hubungan dukungan sosial yang orangtua berikan pada anak di ajarkan dengan baik maka anak akan memiliki perilaku prososial yang tinggi, namun sebaliknya jika orangtua kurang baik dalam mengajarkan dan memberikan dukungan sosial pada anak maka anak tersebut akan memiliki perilaku prososial yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar hubungan dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat penelitian korelasional berupa survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Kota Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 69 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial siswa sebesar 0,710 atau71%, dikategorikan ke dalam korelasi tinggi atau hubungan besar. Hal ini terbukti r hitung lebih besar dari r tabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada hubungan yang positif antara dukungan sosial orangtua (X) dengan perilaku prososial (Y) pada siswa kelas VII di MTsN 2 Kota jambi. Dari hasil penelitian disarankan bagi peneliti selanjutnya yaitu di harapkan memperluas penelitian perilaku prososial ditinjau dari aspek-aspek, direkomendasikan dalam mengatasi setiap permasalahan siswa sangat perlu memperhatikan dan menyelesaikan dengan alternatif pemecahan masalah. Selanjutnya diharapkan guru BK dapat membuat program berupa layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok yang berkaitan dengan perilaku prososial siswa dan upaya membangun prilaku prososial pada siswa. Kata Kunci : Dukungan Sosial Orangtua, Perilaku Prososial

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: ALFARISI
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:39
Last Modified: 23 Dec 2021 03:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28551

Actions (login required)

View Item View Item