Analisis Kesulitan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Field Dependent Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Dwi Syafira, Chika and Iriani, Dewi and Pasaribu, Feri Tiona (2021) Analisis Kesulitan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Field Dependent Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
CHIKA DWI SYAFIRA_RSA1C217017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (402kB)
[img] Text
halaman Persetujuan(2).pdf

Download (254kB)
[img] Text
DATAR ISI,DAFTAR GAMBAR,DAFTAR TABEL,DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah pada Kemampuan Representasi Matematis siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi, siswa belum mampu memenuhi indikator Kemampuan Representasi Matematis. Kelemahan dalam Kemampuan Representasi Matematis terdapat pada setiap materi matematika, salah satunya adalah materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan Menganalisis Kesulitan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Field Dependent dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Dalam penelitian ini Kesulitan Kemampuan Representasi yang dimaksud adalah terpenuhi atau tidak terpenuhi indikator Kemampuan Representasi dalam menyelesaikan soal yaitu Representasi Visual, Representasi Persamaan atau Ekspresi Matematis, Representasi Kata atau Teks Tertulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri 8 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa diambil dari kelas VIII C yaiti 4 siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik test geft untuk mengetahui gaya kognitif masing-masing individu, teknik test untuk kemampuan menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), teknik wawancara untuk mengetahui sejauh mana pemahaman 4 orang subjek yang memenuhi kriteria tersebut dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan kemampuan representasi matematis hanya terjadi pada indikator representasi ekspresi matematis dan representasi kata dan teks tertulis yang meggambarkan karakteristik siswa Fd yang hanya mampu menerima suatu pola visual.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syafira
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:01
Last Modified: 29 Dec 2021 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28792

Actions (login required)

View Item View Item